Kemenkes Gelar Ayo Sehat Festival pada 9 sampai dengan 15 September 2024 di Bandung

Kemenkes Gelar Ayo Sehat Festival pada 9 sampai dengan 15 September 2024 di Bandung

Terkini | okezone | Rabu, 11 September 2024 - 22:51
share

Jakarta - Kesehatan adalah hal penting yang sering dilupakan seseorang. Padahal jika sudah terlanjur jatuh dalam kondisi sakit, maka ada produktivitas yang menurun, bahkan kerugian berupa materi dan waktu. Untuk itu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengedepankan upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah masyarakat jatuh sakit dengan mengedepankan edukasi kesehatan.

Namun, kesehatan adalah masalah multi kausal, yang dalam pemecahannya membutuhkan pendekatan multi disiplin dan multi sektor. Oleh karena itu Kemenkes melakukan kemitraan dengan lintas sektor, dunia usaha, akademisi, organisasi profesi, LSM/ormas, media dan unsur-unsur masyarakat itu sendiri.

Dalam kolaborasi untuk melakukan edukasi kesehatan kepada Masyarakat, Kemenkesbersama para mitra akan menggelar Festival Edukasi Kesehatan Masyarakat bertajuk 'Ayo Sehat Festival' di Taman Gedung Sate, Jalan Diponegoro nomor 22 Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) 40115 pada 9 September 2024 sampai 15 September 2024.

Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi, aksesibilitas, dan pelayanan kesehatan secara mudah, gratis, dan efisien yang mampu melibatkan dan menjangkau masyarakat umum. Acara itu melibatkan 83 mitra dari Non Government Organization (NGO), komunitas, dan sektor swasta.

Hal ini sekaligus menjadi upaya promotif dan preventif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjalankan gaya hidup yang lebih sehat.

Kegiatan ini diharapkan bisa menginspirasi dan mendorong penerapan gaya hidup sehat untuk masyarakat Bandung dan Jabar yang lebih sehat.

Kemenkes mengadakan 'Ayo Sehat Festival' sebagai agenda tahunan sebagai upaya edukasi yang promotif dan preventif yang dikemas dalam berbagai kegiatan sesuai dengan siklus hidup.

Kegiatan ini juga menjadi wadah kolaborasi dengan mitra mulai dari komunitas, pelaku industri, sampai pemerintah daerah. Sebanyak tiga agenda utama yang akan dihadirkan pada kegiatan tahun ini yang saling mengisi dan melengkapi.

Dengan begitu pesan yang hendak disampaikan kepada masyarakat akan menjadi satu kesatuan yang utuh. Tiga agenda yang dimaksud pertama, mendorong program kemitraan antara Kemenkes dengan mitra termasuk swasta, dan organisasi.

Kedua, mendorong promosi gaya hidup sehat di Indonesia pada setiap siklus hidup melalui kolaborasi lintas sektor untuk mewujudkan Indonesia lebih sehat; Ketiga, mendorong kolaborasi antar mitra Kemenkes untuk mendukung transformasi layanan primer di sektor kesehatan nasional.

'Ayo Sehat Festival' menyasar kepada keluarga Indonesia yang memanfaatkan akhir pekan untuk menikmati kegiatan bersama dengan seluruh anggota keluarga atau mencari edutainment dan aktivitas positif di luar rumah.

Ayo Sehat Festival melakukan dua acara terbagi atas Opening yang berlangsung 9 September 2024 sampai 15 September 2024 dan Main Event yang berlangsung 14 September 2024 sampai 15 September 2024.

Opening ini berupa Mini Museum sebagai Siklus Kehidupan yakni edukasi dalam format mini museum sebagai Kick Off Event. Acaranya bertujuan untuk edukasi publik terkait kesehatan masyarakat pada setiap rangkai siklus kehidupan.

Edukasi dilakukan IMUSEUM dan Indonesia Medical Education Research Institute (IMER) berbentuk instalasi yang dilengkapi dengan kegiatan (experience).

Untuk Main Event diadakan untuk mendorong Kemenkes dengan mitra meningkatkan pengetahuan gaya hidup sehat. Acara ini juga memberikan penghargaan bagi mitra yang telah berkontribusi di bidang kesehatan setiap tahun. 'Ayo Sehat Festival' akan dibuka Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikinpada Sabtu (14/9/2024).

Topik Menarik