Aturan TKDN 40 Buat Industri Kecil Dimanfaatkan Perusahaan Besar?

Aturan TKDN 40 Buat Industri Kecil Dimanfaatkan Perusahaan Besar?

Terkini | okezone | Rabu, 11 September 2024 - 17:28
share

JAKARTA - Komisi VI menyoroti Permenperin 46 Tahun 2022 yang diduga banyak perusahaan-perusahaan berskala besar ikut memanfaatkan regulasi yang sebenarnya ditujukan untuk kepentingan industri kecil dan menengah ( IKM ) untuk ikut berpartisipasi memenuhi kebutuhan barang dan jasa pemerintah.

Dalam Permenperin tersebut, pemerintah mewajibkan IKM memenuhi syarat 40 TKDN sebagai syarat untuk ikut berpartisipasi dalam memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto mengatakan, ketentuan TKDN 40 itu mestinya dibarengi pengawasan yang ketat.

"Sebab dalam implementasinya syarat 40 TKDN banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk ikut proyek-proyek pemerintah. Harusnya ditertibkan praktek semacam ini. Imbasnya cukup serius terhadap iklim investasi nantinya," ungkapnya, Rabu (11/9/2024).

Mestinya pemerintah tidak gampang memberikan sertifikat TKDN 40 kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki size modal yang unlimited.

"Perusahaan besar enggak boleh dikasih TKDN IK, tapi disiasati saja tanpa harus membuka peluang kepada perusahaan-perusahaan besar yang ujungnya justru mengambil porsi TKDN IKM. Pemerintah mestinya melakukan verifikasi dan validasi secara kredible sebelum menyetujui pemberian sertifikat TKDN 40," tandasnya.

Topik Menarik