IKAPI Bahas Kurikulum Pendidikan Dihadiri Mahkamah Agung

IKAPI Bahas Kurikulum Pendidikan Dihadiri Mahkamah Agung

Nasional | okezone | Sabtu, 27 Juli 2024 - 20:50
share

JAKARTA - Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia ( IKAPI ) menggelar focus group discussion (FGD) untuk membahas pembaruan kurikulum pendidikan intensif bagi calon kurator dan pengurus. Dalam acara tersebut turut ihadiri perwakilan dari Mahkamah Agung (MA) yang diwakili Hakim Agung RI Agus Subroto.

Selain perwakilan dari MA, acara yang berlangsung di The Langham, Jakarta Selatan, itu juga dihadiri oleh Ketua Dewan Sertifikasi IKAPI, Ketua Umum IKAPI, perwakilan Dewan Pembina dan Dewan Pertimbangan IKAPI, serta dari akademisi yang diwakili Prof. Dr. Hadi Subhan.

Dalam FGD kal ini, IKAPI berupaya untuk menyempurnakan kurikulum pendidikan intensif yang telah ada dan disebut sebagai kurikulum terlengkap dan terpadat yang pernah dibuat.

Pembaruan dinilai penting untuk menyesuaikan dengan perkembangan dunia kepailitan yang semakin dinamis. Materi-materi yang akan diberikan kepada calon kurator dan pengurus akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan perkembangan regulasi terbaru.

"Kurikulum ini akan terus kami perbaharui secara berkala agar para kurator dan pengurus yang dihasilkan memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar internasional," ujar Ketua Dewan Sertifikasi IKAPI, Peter Kurniawan, Sabtu (27/7/2024).

Selain itu, kehadiran perwakilan dari Mahkamah Agung dan akademisi diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga untuk penyempurnaan kurikulum. Hal ini sejalan dengan komitmen IKAPI untuk menghasilkan kurator dan pengurus yang berkualitas dan profesional.

"Kami berharap dengan adanya pembaruan kurikulum ini, kualitas para kurator dan pengurus di Indonesia dapat semakin meningkat," ujar Ketua Umum IKAPI, Oscar Sagita.

Diinformasikan, IKAPI akan menyelenggarakan Pendidikan Intensif untuk Kurator dan Pengurus Angkatan XIV. Kegiatan ini akan berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 12 Agustus hingga 25 Agustus 2024, bertempat di The Sultan Hotel & Residence Jakarta.

Pendidikan intensif ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi para kurator dan pengurus dalam menjalankan tugasnya. Materi yang akan disampaikan mencakup berbagai aspek terkait kuratorial, mulai dari teori hingga praktik.

"Kegiatan ini memang rutin kami lakukan sebagai bagian dari upaya meningkatkan SDM dan mutu para kurator dan pengurus yang profesional dan berintegritas," tambah Oscar

Nantinya setelah mengikuti pendidikan intensif, peserta akan mengikuti ujian yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 September 2024 di Grand Ballroom Redtop Hotel & Convention, Jakarta Pusat. Ujian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan.

Diinformasikan, pendaftaran untuk Pendidikan Intensif IKAPI Angkatan XIV dibuka mulai tanggal 29 Juli hingga 9 Agustus 2024.

Topik Menarik