4 ASN Bogor Korban Pemerasan Pegawai KPK Gadungan Diperiksa Polisi

4 ASN Bogor Korban Pemerasan Pegawai KPK Gadungan Diperiksa Polisi

Terkini | okezone | Jum'at, 26 Juli 2024 - 21:46
share

BOGOR - Empat Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor yang menjadi korban pemerasan pegawai KPK gadungan, Yusuf Sulaeman masih menjalani pemeriksaan polisi.

"Lagi kami periksa tetap kami dalami sampai sejauh mana yang diminta oleh pelaku terhadap para ASN tersebut," kata Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro, Jumat (26/7/2024).

Mereka masih berstatus sebagai saksi dalam kasus ini. Sebab, mereka juga yang melaporkan terkait pemerasan tersebut kepada pihak KPK.

"(Status) saksi, karena itu sudah kita cek bahwa yang bersangkutan juga lah yang memberikan laporan kepada aparat dari teman-teman di KPK," ujarnya.

Selain empat ASN, terdapat satu orang sebagai sopir Yusuf yang juga dalam pemeriksaan polisi.

"Sopir yang bersangkutan masih kita amankan, yang empat adalah pegawai negeri dari dinas Pemerintah Daerah di Kabupaten Bogor," ujarnya.

Sebelumnya, polisi telah menetapkan Yusuf Sulaeman sebagai tersangka kasus pemerasan dan penipuan terhadap pejabat Pemkab Bogor. Adapun kerugian dalam kasus ini mencapai Rp700 juta.

Kasus ini bermula dari KPK yang mendapatkan laporan adanya seseorang yang mengaku sebagai pegawai KPK diduga memeras pejabat Pemkab Bogor. Dari situ, dilakukan penangkapan dan ternyata pelaku pemerasan bukan pegawai KPK.

Barang bukti dalam kasus ini yaitu uang tunai Rp 300 juta dari rumah tersangka, satu unit mobil Porsche berikut STNK terkait kejadian kemarin, satu unit mobil Alphard yang berkaitan dengan pada Januari 2023, dua unit handphone dan dua buku tabungan.

Topik Menarik