Orang Jomblo Kerap Merasa Kesepian, Mitos atau Fakta?

Orang Jomblo Kerap Merasa Kesepian, Mitos atau Fakta?

Terkini | okezone | Jum'at, 26 Juli 2024 - 18:13
share

BEBERAPA orang mungkin pernah merasakan kesepian. Ini merupakan salah satu kondisi perasaan ketika seseorang merasa terisolasi, sendirian, atau terputus dari orang lain secara emosional atau sosial.

Kesepian bisa terjadi ketika seseorang merasa bahwa tidak ada yang memahami atau peduli dengan mereka, dan dapat menyebabkan perasaan sedih, hampa, atau kekosongan.

Orang sering mencari cara untuk mengatasi kesepian dengan mencari koneksi sosial, berbicara dengan orang-orang terdekat, atau mencari bantuan dari profesional terapis.

Namun, masih banyak yang salah kaprah tentang definisi kesepian. Bahkan, banyak yang menganggap, orang yang sendiri, sudah pasti kesepian. Misalnya saja, orang yang jomblo alias single kerap dianggap bahwa mereka pasti merasakan kesepian. Padahal, faktanya ternyata tidak demikian.

Psikolog, Samanta Elsener mengatakan, pada dasarnya, kesepian dan kesendirian merupakan dua hal yang berbeda. Ini artinya, orang yang sendiri, atau bahkan hidup sendiri bukan berarti ia selalu merasa kesepian.

Kesepian itu berbeda dengan sendiri. Kadang orang tuh suka menafsirkan orang yang sendiri udah pasti dia kesepian. Misalkan, statusnya single, udah pasti dia kesepian karena dia nggak punya pasangan. Atau dia tinggal sendirian, pasti dia kesepian deh. Enggak selalu kaya gitu, ujar Samanta, melansir dari YouTube Kementerian Kesehatan RI.

Pasalnya, lanjut Samanta, kondisi kesepian bergantung pada banyak faktor, termasuk kepribadian, lingkungan sosial, dan kebutuhan individu.

Menurutnya, ada beberapa orang yang justru lebih menikmati waktu sendiri dan merasa bahagia tanpa adanya interaksi sosial yang konstan, sementara yang lain mungkin merasa kesepian meskipun dikelilingi oleh orang lain.

Dengan kata lain, perasaan kesepian yang dialami seseorang sebenarnya sangat subjektif dan dapat berbeda-beda bagi setiap individu.

Karena ada karakter orang juga yang justru dia terbiasa sendiri seperti orang-orang introvert, karena dia ngerasa itu adalah titik kenyamanannya dia. Sehingga, buat dia sendiri itu tidak berarti dia merasa kesepian, tutur Samanta.

Sedangkan, orang yang benar-benar mengalami kesepian, bisa saja dia ada di suatu ruangan yang begitu besar, dan begitu banyak orang, sebut saja orang yang lagi nonton konser, tapi dia tetap ngerasain kesepian. Itu bisa banget. Karena ini adalah kondisi yang akumulasi atas kebutuhan emosionalnya yang tidak tercapai atau tidak terpenuhi, tutupnya.

Topik Menarik