Kental Aroma Timnas Pusat Negara ASEAN di Semifinal Euro 2024: Indonesia vs Malaysia, Filipina vs Vietnam

Kental Aroma Timnas Pusat Negara ASEAN di Semifinal Euro 2024: Indonesia vs Malaysia, Filipina vs Vietnam

Berita Utama | okezone | Senin, 8 Juli 2024 - 14:05
share

EURO 2024 telah sampai ke babak semifinal yang mempertemukan antara Tim Nasional (Timnas) Spanyol vs Prancis dan Belanda vs Inggris. Menariknya semifinal Euro 2024 itu kental akan aroma Timnas Pusat negara-negara Asia Tenggara (ASEAN), termasuk Indonesia yang berkaitan erat dengan Belanda.

Seperti yang diketahui, dalam beberapa tahun terakhir ini sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara banyak menaturalisasi pemain keturunan mereka. Tentunya hal itu dilakukan untuk memperkuat timnas negara tersebut dengan cara yang singkat.

Ambil contoh Indonesia, PSSI gencar menaturalisasi pemain keturunan yang berasal dari Eropa, khususnya Belanda. Setidaknya sudah lebih dari 10 pemain berdarah Belanda-Indonesia sudah dinaturalisasi dan memperkuat Timnas Indonesia.

Sebut saja seperti, Sandy Walsh, Justin Hubner, Jay Idzes, dan yang paling terbaru adalah Calvin Verdonk. Jadi, karena alasan itu Belanda kerap disebut Timnas Pusat oleh para pencinta sepakbola Tanah Air, sebab Indonesia kerap mengambil para pemain dari Negeri Kincir tersebut.

Menariknya, Belanda akan melawan Inggris yang dianggap sebagai representatif Malaysia. Sebab Malaysia merupakan jajahan Inggris sebelum akhirnya merdeka pada 1957.

Tak heran jika Malaysia pun memiliki banyak pemain keturunan Inggris di skuad mereka. Terbaru, Malaysia tengah berusaha menaturalisasi pemain keturunan Inggris-Malaysia, Josh Brownhill yang kini bermain di Burnley.

Alasan itulah yang membuat laga Belanda vs Inggris di semifinal Euro 2024 bak pertempuran Timnas Pusat Indonesia vs Malaysia. Menariknya lagi, di semifinal lainnya antara Spanyol vs Prancis juga berkaitan erat dengan Filipina dan Vietnam.

Topik Menarik