Wapres: Indonesia Komitmen Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Wapres: Indonesia Komitmen Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Nasional | okezone | Kamis, 4 Juli 2024 - 20:38
share

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menegaskan Indonesia berkomitmen untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Mengingat setelah tiga dekade berjalan, situasi di Palestina belum juga menemui kemajuan yang berarti. Sebaliknya, situasi semakin menunjukkan kemunduran dengan eskalasi kekerasan.

“Indonesia juga merespons secara intensif situasi di Gaza. Presiden Indonesia hadiri KTT Gabungan OKI-Liga Arab di Riyadh, November lalu. Menlu RI menjadi bagian Utusan Khusus OKI untuk menggalang dukungan internasional untuk Palestina. Indonesia juga telah mengirimkan lebih dari 4500 ton bantuan kemanusiaan untuk Gaza,” ujar Wapres saat menerima audiensi Delegasi Biro Komite Palestina PBB (CEIRPP) di Istana Wapres, Kamis (4/7/2024).

Hal itu dilakukan sebagai upaya mendukung dan membantu rakyat Palestina yang menderita akibat dampak daripada perselisihan yang tidak kunjung berakhir. Kabarnya, puluhan ribu warga Palestina tewas karena kelaparan dan jangkitan wabah penyakit. Sehingga, di tengah-tengah serangan Israel yang tiada hentinya itu, mereka harus berbondong-bondong mengungsi.

“Israel juga seakan kebal dari hukum dengan terus melakukan serangan pendudukan, permukiman, dan aneksasi, termasuk melakukan perluasan pemukiman di Tepi Barat,” tutur Wapres.

Lebih lanjut Wapres menuturkan, sebagai salah satu negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia mempunyai peran penting dalam mendorong perdamaian di Palestina.

“Termasuk melalui kepemimpinan di OKI, GNB, dan Biro Komite Palestina PBB,” sebutnya.

Karena itu, Indonesia akan secara konsisten mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. Sebab kata Wapres, upaya untuk mendamaikan perselisihan di Timur Tengah merupakan mandat Konstitusi untuk menghapuskan penjajahan di atas dunia.

“Untuk itu, Indonesia sangat prihatin mencermati situasi di Palestina,” ujarnya.

Topik Menarik