Pulihkan PDNS 2, Menko Polhukam: Gunakan <i>Back Up</i> Server dari <i>Cold Site</i> Batam

Pulihkan PDNS 2, Menko Polhukam: Gunakan Back Up Server dari Cold Site Batam

Nasional | okezone | Selasa, 2 Juli 2024 - 08:43
share

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa pemerintah tengah memulihkan layanan publik terdampak serangan siber ransomware pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2.

Pemulihan layanan publik tersebut diputuskan setelah Hadi menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin 1 Juni 2024.

“Baru saja saya memimpin rapat tingkat menteri yang dihadiri Menkominfo, Kepala BSSN, dan Wamen BUMN membahas terkait tindak lanjut perintah Bapak Presiden agar seluruh layanan publik dapat kembali normal pada bulan Juli 2024,” kata Hadi, kepada wartawan yang dikutip, Selasa (2/7/2024).

Hadi berkata bahwa layanan PDNS 2 akan menggunakan back up server dari cold site Batam.

"Proses pemulihan layanan tersebut salah satunya menggunakan back up server dari Cold Site Batam yang kemudian diaktifkan pada fasilitas PDNS 1 dan Data Center Temporary milik penyedia," tutur Hadi.

Hadi menegaskan bahwa back up data merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan. "Ini mandatori, tidak opsional lagi. Sehingga kalau secara operasional PDNS berjalan, ada gangguan, masih ada backup yaitu di DRC atau Cold Site yang ada di Batam dan bisa auto gate interactive service," terangnya.

Topik Menarik