Ungkap Kecurangan PPDB, Menko PMK: Ijazah Palsu Seolah dari Luar Negeri hingga KK Palsu

Ungkap Kecurangan PPDB, Menko PMK: Ijazah Palsu Seolah dari Luar Negeri hingga KK Palsu

Nasional | okezone | Selasa, 2 Juli 2024 - 06:25
share

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkap kecurangan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sejumlah daerah.

Muhadjir mengatakan kecurangan tersebut di antaranya ada pemalsuan ijazah calon siswa seolah dari luar negeri, pindah alamat, hingga menggunakan Kartu Keluarga (KK) palsu yang digunakan untuk pendaftaran PPDB.

“Kemarin saya lihat misalnya ada ijazah palsu dipakai seolah dari luar negeri, kemudian pindah alamat, pakai kartu keluarga palsu, dan seterusnya itu saya kira tidak bisa dibiarkan itu,” ungkap Muhadjir kepada awak media di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (1/7/2024).

 BACA JUGA:

Muhadjir pun mengatakan pemerintah akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) PPDB dengan melibatkan unsur Kejaksaan hingga Kepolisian. “Saya sedang mengajukan pengusulan agar ada Satgas pengendalian PPDB yang melibatkan unsur Kejaksaan, unsur Kepolisian, dan dinas-dinas terkait, mulai dari tingkat pusat sampai di tingkat daerah,” ujarnya.

 BACA JUGA:

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan dia telah lapor kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pembentukan Satgas PPDB ini. Bahkan, dalam waktu dekat akan dikeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) yang mengatur Satgas PPDB.

Topik Menarik