Progres Proyek Jalan Mencapai Deviasi Plus, PUPR Ngawi Optimis 12 Paketnya Kelar Akhir Tahun

Progres Proyek Jalan Mencapai Deviasi Plus, PUPR Ngawi Optimis 12 Paketnya Kelar Akhir Tahun

Terkini | ngawi.inews.id | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 18:10
share

NGAWI, iNewsNgawi.id - Kalender Dinas PUPR Kabupaten Ngawi untuk menyelesaikan sejumlah proyek jalan tahun anggaran 2024 hingga akhir tahun ini sepertinya bakal sesuai yang diharapkan.

Sebanyak 12 paket pekerjaan jalan senilai Rp 139,9 milyar yang dilelang oleh Bidang Bina Marga PUPR Ngawi itu, sejak bulan April yang lalu semuanya sudah berkontrak, 6 proyek diantaranya merupakan paket proyek strategis Pemkab Ngawi.

Proyek ruas  jalan desa Kandangan - desa Magunharjo kecamatan Ngawi misalnya, sejak kontrak pekerjaan ( Juni 2024 ) yang dilakukan oleh CV.Semeru Karya Perkasa sebagai pelaksana, progresnya hingga tiga bulan berjalan telah mampu melampaui target dengan deviasi plus hingga 49 persen atau 73 persen dari total beban pekerjaan, berupa peningkatan ruas jalan sepanjang 3,5 Km yaitu pengaspalan selebar 5 meter dan rigid beton bahu jalan selebar 1 meter disisi kiri - kanan, dalam waktu 180 hari.

"Progres proyek peningkatan jalan Kandangan - Mangunharjo yang didanai dari  dana DAK, untuk posisi diminggu ini ( Oktober ) dari rencana progres 23, 8 persen, ternyata realisasinya mencapai 73,3 persen artinya ada surplus 49 persen, jadi sejauh ini tidak ada kendala hanya masalah kerapian saja," kata Kepala Bidang Bina Marga PUPR Ngawi, Rachmat Fitrianto, ( 4/10).


Meski sebelumnya juga dilakukan berbagai renovasi di beberapa titik tertentu, namun semakin meningkatnya volume pengguna jalan dan sering tergenang saat musim penghujan, ruas jalan Kandangan - Mangunharjo menjadi bagian dari proyek strategis Pemkab Ngawi karena pentingnya jalur ini bagi perekononian warga di wilayah kecamatan Kwadungan dan Pangkur serta jalur alternatif menuju wilayah Magetan.

Peningkatan jalan ini kini sudah tinggal menungu suplai aspal dan pengecatan marka jalan sebelum dinyatakan selesai.

"Saat ini tinggal tahap pengaspalan, mungkin tidak butuh lama untuk menyelesaikan tinggal menunggu suplai aspal.saja," kata Deni, salah seorang petugas pelaksana proyek jalan ini.

Proyek strategis Pemkab Ngawi tahun anggaran 2024 yang telah digulirkan oleh Pemkab Ngawi melalui SK Bupati Ngawi nomor : 188 / 307.A / 404.101.2 / B / 2023 bertanggal 4 Desember 2023 adalah sebanyak 10 paket, meliputi proyek jalan, pedestrian, rehabilitasi gedung sekolah hingga pembangunan jembatan.

Topik Menarik