Rekam Jejak Sugiono, Prajurit Kopassus yang Jadi Menlu di Kabinet Prabowo Gibran

Rekam Jejak Sugiono, Prajurit Kopassus yang Jadi Menlu di Kabinet Prabowo Gibran

Nasional | okezone | Selasa, 22 Oktober 2024 - 13:39
share

JAKARTA - Rekam Jejak Sugiono, Prajurit Kopassus yang jadi Menlu di Kabinet Prabowo Gibran, akan dibahas lengkap dalam artikel ini. Sugiono merupakan kader Partai Gerindra.

Presiden Prabowo Subianto menunjuk Sugiono sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, menggantikan Retno Marsudi. Sugiono menjadi Menlu RI pertama yang bukan berasal dari diplomat karir sejak 2001. Menlu terakhir yang berasal dari politikus adalah Alwi Shihab di era Presiden Abdurrahman Wahid (1999-2001).

Sebelum menjabat sebagai Menlu, Sugiono adalah Wakil Ketua Komisi I DPR RI dan Wakil Ketua Umum Gerindra Bidang Kaderisasi dan Informasi Strategis.

Sugiono ternyata pernah menjadi prajurit TNI AD dari Korps Baret Merah Komando Pasukan Khusus (Kopassus) sebelum malang melintang di kancah politik.  Dia mengambil Pendidikan calon perwira TNI (Semapa PK) di Akademi Militer Magelang. Pada tahun 2002, Sugiono lulus dan dilantik sebagai perwira TNI AD berpangkat Letnan Dua (Letda) korps Infanteri. Sugiono pensiun dini dari TNI dengan pangkat Letnan Satu (Lettu).

Pria kelahiran Takengon, Aceh, 11 Februari 1979 ini menikah dengan politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Marlyn Maisarah.

Pasangan ini dikaruniai seorang anak. Sugiono juga bergabung di partai yang sama, menjadi salah satu anggota Dewan Pendiri Gerindra dan aktif sebagai kader sejak 2008.

Setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah asalnya. Dia melanjutkan pendidikannya di Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Nusantara (1994-1997), Norwich University, dan University of Konstanz.

 

Sebelumnya dia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR-RI (2019-2024) setelah meraih kursi untuk mewakili partainya pada Pemilu Legislatif 2019. Saat itu, dia maju dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah I (Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kota Salatiga).

Pada Pemilu 2024, Sugiono kembali memenangkan kursi DPR-RI untuk periode 2024-2029 dari daerah pemilihan yang sama. Selama menjadi politisi Parlemen, Sugiono menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR.

Topik Menarik