Kepuasan Publik terhadap Kinerja Jokowi Tinggi Jelang Purnatugas, Apa Faktornya?

Kepuasan Publik terhadap Kinerja Jokowi Tinggi Jelang Purnatugas, Apa Faktornya?

Nasional | okezone | Senin, 23 September 2024 - 23:10
share

JAKARTA - Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin masih tinggi menjelang purnatugas. Ada sejumlah faktor yang mendukungnya.

Di antaranya, pembangunan infrastruktur yang merata dianggap menjadi salah satu faktor. Kemudian, bantuan sosial (Bansos) yang diberikan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

“Saya pikir demikian, terutama menengah bawah,” kata Pengamat Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo Jati, dalam keterangannnya, Senin (23/6/2024).

Kedua faktor tersebut, kata Wasisto punya andil besar dalam mendongkrak tingkat kepuasan masyarakat. Bahkan, menjadi salah kunci kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf.

"Saya pikir legasi infrastruktur yang masif dan merata di berbagai daerah menjadi salah satu kunci kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan saat ini,” tuturnya.

 

Wasisto meyakini bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf masih tinggi hingga purnatugas pada 20 Oktober 2024. Senada diungkapkan Ujang Komarudin, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia.

Program bansos, menurut Ujang, memiliki peran besar dalam meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. "Masyarakat kecil sangat dibantu Bansos. Kan banyak bantuan ke orang miskin, kurang mampu,” ujar Ujang.

Kendati diakuinya, tingkat kepuasan masyarakat juga perlu dilihat dari survei yang dilakukan hingga akhir jabatannya nanti. Hal ini, menurutnya perlu diketahui masyarakat.

"Apa konsisten, naik, turun, atau stagnan,” tuturnya.

Salah satu survei yang dilakukan Katadata Insight Center didapati tingkat kepuasan tertinggi terhadap kinerja Jokowi-Ma’ruf berada di Jawa Tengah yang mencapai 80,3 persen. Terdiri dari masyarakat manyatakan puas 69,9 persen dan yang menyatakan sangat puas 10,3 persen.

Sementara yang terendah ada di Jakarta, yakni 70,1 persen. Responden yang menyatakan puas ada 60,9 persen dan 9,2 persen menyatakan sangat puas.

Telco survei ini digelar pada 4-9 September di enam provinsi, yakni Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Utara. Total responden 800 dengan tingkat kepercayaan 95 persen di tiap provinsi.

Topik Menarik