Irjen Pol Verdianto Bitticaca: Philip Mark Pilot Susi Air Bebas, ini adalah Keberhasilan Indonesia

Irjen Pol Verdianto Bitticaca: Philip Mark Pilot Susi Air Bebas, ini adalah Keberhasilan Indonesia

Nasional | toraja.inews.id | Minggu, 22 September 2024 - 00:50
share

NASIONAL, iNews.id - Philip Mark Mehrtens pilot Susi Air, yang disandera oleh KKB di Papua sejak 7 Februari 2023 lalu, kini telah bebas.

Hal ini diungkapkan Asisten Operasi Kapolri, Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, bahwa Philip Mark dijemput dari Kampung Yuguru, Distrik Maiborok, Kabupaten Nduga.

"Proses pelepasan ini sudah dilakukan oleh TNI POLRI melalui negosiasi yang cukup panjang sejak yang bersangkutan disandera oleh KKB di Papua. Untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo, bapak Kapolri Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Probowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subianto yang selalu mendukung dan memberi semangat kepada seluruh personil TNI Polri dalam upaya pembebasan sandera, serta kepada semua pihak yang membantu dan mendukung serta mendoakan  proses pembebasan ini, keberhasilan ini adalah keberhasilahan pemerintah Indonesia," ujar Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca kepada iNews Toraja, Sabtu malam (21/9/2024).


Irjen Pol Verdianto Bitticaca. Dok. Istimewa
 

Diketahui saat ini Philip Mark dalam keadaan sehat dan telah menjalani proses pemeriksaan kesehatan oleh team kesehatan opersi damai Cartens di Timika.

"Philip Mark sudah tiba di jakarta, dan selanjutnya nanti akan diserahkan ke pihak kedutaan besar selandia baru," kata Irjen Pol Verdianto.

Untuk diketahui proses pembebasan dan negosiasi berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan korban jiwa dipihak manapun.

"Tidak ada korban jiwa dalam proses pembebasan ini, dan Puji Tuhan berjalan dengan lancar," tutup Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca.

Topik Menarik