Menpora Bantah Atlet PON Aceh-Sumut 2024 Diberi Snack Roti dan Santan : Itu Hoaks!

Menpora Bantah Atlet PON Aceh-Sumut 2024 Diberi Snack Roti dan Santan : Itu Hoaks!

Nasional | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 17:25
share

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo membantah bila panitia penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 menyediakan makanan ringan untuk atlet berupa roti dan santan kemasan. Dito menegaskan bahwa kabar itu hoaks.

Hal itu disampaikan Dito dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi X DPR RI dalam merespon sejumlah isu PON XXI Aceh-Sumatera Utara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024). Diketahui, kabar isi makanan ringan bagi atlet PON berisi roti dan santan kemasan sempat diunggah oleh akun Instagram @fakta.indo.

Dito menerangkan, penyediaan makanan dalam PON XXI Aceh-Sumatera Utara sempat terkendala pada pekan pertama. Namun, ia menegaskan bahwa kendala itu langsung dievaluasi. 

"Itu langsung dievaluasi dan di tanggap cepat baik itu dari penyelenggaraan Aceh maupun Sumut. Makanan itu merupakan tanggung jawab daerah melalui APBD," ucap Dito.

Meski demikian, Dito menerangkan bahwa dirinya tak ingin mendikotomi pengelolaan PON XXI Aceh-Sumut. "Pokoknya semua tanggung jawab Menpora, Bu. Kita pasang badan saja," tuturnya.

Kendati demikian, Dito memastikan, pihaknya akan selalu cepat tanggap dalam merespon segala masalah PON. Salah satunya, terkait beredarnya kabar makanan ringan bagi atlet itu berisi roti dan santan kemasan.

"Contoh yang terfaktual adanya viralnya snack itu dikasih roti dan susu diganti santen, itu bisa kami pastikan itu adalah hoaks dan becandaan oknum," ucap Dito.

"Setelah kita kejar, kita investigassi, langsung akun-akunnya dimatiin Bu. Dan sudah di take down. Jadi memang banyak sekali infformasi yang kadang ada fakta tapi kadang ditambahin hoaks juga. Jadi ini kita harus benar-benar memilah mana yang benar, mana yang tidak," tandasnya.

Topik Menarik