Peristiwa 17 September: Berdirinya PMI hingga Perang Jawa Britania-Belanda

Peristiwa 17 September: Berdirinya PMI hingga Perang Jawa Britania-Belanda

Nasional | okezone | Selasa, 17 September 2024 - 05:00
share

JAKARTA - Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 17 September, tiap tahunnya. Diantaranya adalah didirikannya PMI. 

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, redaksi telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 17 September dari Wikipedia, antara lain:

1811 - Perang Jawa Britania-Belanda

Gubernur Jendral Hindia Belanda, Herman Willem Deandels melakukan penguatan terhadap wilayah Pulau Jawa guna mengantisipasi serangan dari Inggris. Saat itu Gilbert Elliot pemilik perusahaan Hindia Timur Britania merebut sejumlah pulau. Bersama pasukannya Gilbert berangkat ke jawa dan merebut kota pelabuhan Batavia dan memaksa pihak Belanda menyerah di Semarang.

Letnan Gubernur Jawa yang dilantik, Thomas Stamfors Raffles mengakhiri metode pemerintahan Belanda, membebaskan sistem kepemilikan tanah, dan memperluas perdagangan. Pada Kongres Wina 1815 diputuskan bahwa Britania harus mengembalikan Jawa dan kekuasaan Hindia Belanda lainnya kepada Belanda sebagai bagian dari persetujuan yang mengakhiri Perang Napoleon.

1945 - PMI Didirikan

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan.

PMI selalu mempunyai tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan sabit merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan. Sampai saat ini PMI telah berada di 33 PMI Daerah dan sekitar 408 PMI Cabang di seluruh Indonesia.

 

Berdirinya Palang Merah di Indonesia sebetulnya sudah dimulai sebelum Perang Dunia II, tepatnya 12 Oktober 1873. Pemerintah Kolonial Belanda mendirikan Palang Merah di Indonesia dengan nama Nederlandsche Roode Kruis Afdeeling Indie (Nerakai) yang kemudian dibubarkan pada saat pendudukan Jepang.

Perjuangan mendirikan Palang Merah Indonesia (PMI) diawali 1932. Kegiatan tersebut dipelopori Dr. Senduk dan Dr. Bahder Djohan dengan membuat rancangan pembentukan PMI. Rancangan tersebut mendapat dukungan luas terutama dari kalangan terpelajar Indonesia, dan diajukan ke dalam Sidang Konferensi Narkai pada 1940, akan tetapi ditolak mentah-mentah.

1550 - Kelahiran Paus Paulus V

Paus Paulus V lahir dengan nama Camillo Borgghese di Roma, Italia pada 17 September 1552. Ia kemudian meninggal di Roma, Italia pada 28 Januari 12 Januari 1621 pada umur 68 tahun adalah Paus yang menjabat sejak 16 Mei sampai 28 Januari 1621.

1974 - Kelahiran Pelawak Andre Taulani

Andre Taulani merupakan seorang penyanyi, pemain film dan pelawak berkebangsaan Indonesia. Ia bergabung dengan grup band Stinki, nama Andre lebih terkenal dengan Andre Stinky. Bersama Irwan (bass), Nanno (gitar), dan Edy (drum) serta Ndank (gitar).

Stinky telah merilis 8 album di luar The Best Of Stinky dan Love Song Of Stinky. Album teranyar mereka bertajuk Pecinta Sejati dirilis tanggal 19 Mei 2007. Seperti album terdahulu grup band yang pernah meraih penjualan 1 juta kopi lewat hits mereka "Mungkinkah" dan "Jangan Tutup Dirimu", dalam album tersebut mereka juga masih mengusung tema cinta.

Topik Menarik