Guyub Rukun Seni Nusantara Gelar Pameran Seni Rupa Nasional ke-3, Ajak Penonton Mbangun Svarga Rupa

Guyub Rukun Seni Nusantara Gelar Pameran Seni Rupa Nasional ke-3, Ajak Penonton Mbangun Svarga Rupa

Nasional | badung.inews.id | Selasa, 10 September 2024 - 21:30
share

SOLO, iNewsbadung.id - Kelompok Guyub Rukun Seni Nusantara gelar Pameran Seni Rupa Nasional ke-3, ajak penonton memahami tajuk Mbangun Svarga Rupa.

Dr. Anna Sungkar, S.Sn., M.Sn., Kurator Seni Rupa memberikan apresiasi terhadap para perupa yang tergabung dalam kelompok Guyub Rukun Seni Nusantara, yang sudah meluangkan waktu menghadiri pameran.

Anna Sungkar merasa bangga karena pernah diajak menjadi perupa saat pameran perdana Guyub Rukun Seni Nusantara.

Bagi Anna, Kota Surakarta merupakan kota yang ikut membesarkannya secara intelektual saat kuliah S3, bahkan mendapatkan guru, teman dan komunitas yang sangat luar biasa.

Karya-karya seniman peserta pameran ini disebutkan Anna Sungkar sangat unik, menarik, karena lingkup dan variasi sangat luas.

Diakui Anna Sungkar, peserta pameran merupakan seniman-seniman masa depan, yang membuat perupa mendapatkan tantangan untuk memperluas kekayaan visualisasi.

Melalui karya-karya yang dipamerkan mulai Sabtu (7/9/2024) sampai Kamis (12/9/2024) di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Jalan Ir. Sutami No.57 Jebres, Kentingan, Kota Surakarta, para perupa juga mendapatkan tantangan untuk menggali, baik dari bakat alam ataupun tempaan pendidikan.

"Bagaimana kita melihat, karya yang banyak ini tapi ada satu pengikat benang merah, di mana semua perupa berusaha menampilkan tentang cerita, narasi, curahan haati (curhat) diri sendiri," ujar Anna Sungkar saat membuka pameran Sabtu (7/9/2024).

Tidak hanya itu, Anna Sungkar juga melihat para perupa peserta pameran ini telah mengangkat dan menggali seni tradisi, di mana tantangannya adalah masyarakat modern.

Hal-hal seperti ini dikatakan Anna Sungkar dapat membangun semangat para perupa, sehingga terus menghasilkan ide-ide yang dituangkan di atas kanvas atau media lain.

Anna juga berharap Pameran Seni Rupa Nasional yang digelar kelompokGuyub Rukun Seni Nusantara dapat berjalan lancar, lestari dan berlanjut terus.

Pameran ini diikuti 120 perupa, berasal dari 15 provinsi dan 65 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia, antara lain Surakarta, Solo Raya, Yogyakarta, Purbalingga, Purwokerto, Bogor, Tangerang, Bekasi, Tegal, Kebumen, Karanganyar, Wonosobo, Magelang, Sukoharjo, Kediri, Lumajang, Surabaya, Banyuwangi, Ponorogo, Bali, Lombok, Balikpapan, Samarinda dan Batam.

Sementara Imam Solikhin, Ketua Panitia berharap ke depan komunitas yang beranggotakan 299 perupa ini dapat terus berkontribusi positif memajukan dunia seni rupa, terkhusus di Kota Surakarta dan Nusantara pada umumnya.

Imam Solikhin mengakui bahwa upaya para perupa anggota komunitas Guyub Rukun Seni Nusantara ini sangat kecil, namun langkah ini merupakan wujud nyata yang akan dilakukan terus menerus sebagai sebuah pergerakan.

"Kami berharap bisa memberikan suguhan karya yang dapat dinikmati para pecinta seni rupa dan masyarakat umum," terang Imam.

Pameran yang juga dihadiri Dr. Drs. Hajar Pamadhi, M.A., Hons., Kurator pameran ini memamerkan karya-karya yang sangat beragam, seperti tema budaya, kearifan lokal, realisme sosial hingga kritik sosial.

Semoga tulisan tentang Guyub Rukun Seni Nusantara Gelar Pameran Seni Rupa Nasional ke-3, Ajak Penonton Mbangun Svarga Rupa, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik