3 Fakta KPK Batal Undang Kaesang Klarifikasi Jet Pribadi

3 Fakta KPK Batal Undang Kaesang Klarifikasi Jet Pribadi

Nasional | okezone | Jum'at, 6 September 2024 - 07:12
share

JAKARTA-  Direktorat Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) batal mengundang Kaesang Pangarep untuk klarifikasi dugaan gratifikasi penggunaan pesawat jet pribadi. Sebab, pelaporan difokuskan kepada Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM).

Berikut fakta-faktanya:

1. KPK Bantah Ada Tekanan

Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto membantah adanya tekanan dari pihak mana pun, terkait batal untuk mengundang putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

"Sama sekali tidak ada tekanan," kata Jubir KPK Tessa Mahardhika, dikutip Kamis 5 September 2024.

2. KPK Persilakan Kaesang Klarifikasi

Di sisi lain, KPK telah meminta yang bersangkutan untuk memberikan klarifikasi secara pribadi dengan menyertakan bukti-bukti yang kuat jika tidak ada kaitannya dengan dugaan gratifikasi.

"Sampai dengan saat ini kita juga masih membuka kesempatan kepada saudara K apabila memang ada niatan untuk melakukan mungkin press release sendiri atau penyampaian kepada publik, itu pun bisa dilakukan oleh yang bersangkutan," ujar Tessa.

3. Pelaporan Tak Berhenti

Tessa mengatakan, dengan ditangani Direktorat PLPM penelaahan terhadap laporan dugaan pesawat jet pribadi Kaesang bukan berarti prosesnya berhenti.

"Tetap bisa ditindaklanjuti, jadi tahapannya sudah tahapan di atas tahapan yang bisa dilakukan oleh Direktorat Gratifikasi," ujarnya.

Sekadar informasi, persoalan tersebut berawal dari hebohnya jagat media sosial terkait Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gundono yang disinyalir menyewa pesawat jet pribadi mewah saat ke Amerika Serikat (AS).

"USA here we go," tulis Erina dalam insta story di akun Instagram pribadinya, Jakarta, Kamis 22 Agustus 2024. 

Postingan ini lantas mengundang rasa penasaran netizen. Sebab, netizen menduga Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menyewa pesawat jet pribadi mewah. Hal ini terlihat saat Erina memamerkan view jendela pesawatnya.

Topik Menarik