Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Kabupaten Pidie, Begini Analisis BMKG

Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Kabupaten Pidie, Begini Analisis BMKG

Nasional | okezone | Selasa, 3 September 2024 - 02:19
share

JAKARTA - Gempa bumi tektonik, magnitudo 4,7 mengguncang kabupaten Pidie Jaya dan sekitarnya, Provinsi Aceh pada Senin (2/9/2024) sekitar pukul 20.51 WIB.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.86 LU dan 96.06 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 28 km Barat Daya Kabupaten Pidie Jaya Aceh pada kedalaman 5 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra pada segmen Aceh-Central," kata Daryono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, kepada MPI, Senin (2/9/2024).

Adapun dampak dari gempa bumi ini dirasakan oleh masyarakat dengan skala intensitas III hingga IV MMI.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di daerah Mane dengan skala intensitas IV MMI *(Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi)*, daerah Calang, Nagan Raya dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)," tambah keterangan Daryono.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Begitu juga dengan gempa susulan, berdasarkan hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa belum ada gempa susulan.

Topik Menarik