Retaknya Koalisi KIM Plus di Pilkada Banten 2024

Retaknya Koalisi KIM Plus di Pilkada Banten 2024

Nasional | okezone | Selasa, 27 Agustus 2024 - 16:15
share

JAKARTA - Partai Golongan Karya (Golkar) menarik dukungannya kepada pasangan calon Andra Soni dan Dimyati Natakusumah di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Padahal dukungan berupa penyerahan B1-KWK diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia ke Andra-Dimyati, di Kantor DPP Partai Golkar, pada Minggu 25 Agustus 2024 malam.

Kini, partai berlambang pohon beringin itu mendukung kadernya sendiri yakni Airin Rachmi Diany yang berpasangan dengan Ade Sumardi dari PDI Perjuangan. Hal itu terjadi usai Airin-Ade Sumardi didukung PDI Perjuangan di Pilgub Banten 2024.

Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia mengumumkan mendukung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur di Pilkada Banten 2024. Meski, sebelumnya Golkar sempat cabut dukungan terhadap Airin.

"Saya menyampaikan kepada seluruh masyarakat di mana pun berada. Bahwa hari ini, Partai Golkar menyerahkan B1KWK kepada pasangan calon gubernur Provinsi Banten yaitu Ibu Airin dari Partai Golkar dan pasangan Wakil Gubernur yaitu Pak Ade Sumardi. Semoga calon ini akan membuat perubahan besar bagi pembangunan Provinsi Banten," kata Bahlil di Kantor DPP Partai Golkar.

 

Dengan mendukung Airin-Ade, maka partai berlambang pohon beringin ini batal mengusung Andra Soni dan Dimyati Natakusumah di Pilkada Banten. Andra Soni dan Dimyati Natakusumah merupakan pasangan calon yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Bahlil pun menyinggung barang bagus pada duet Airin dan Ade untuk Banten. "Memang kalau barang bagus itu pasti banyak yang minat. Kalau enggak barang bagus, itu mungkin sedikit yang berminat. Sangat bagusnya, ada juga yang minta. Kalau bisa, ikut kami saja. Golkar selalu menghargai perbedaan. Dan saya pikir kita, Ibu Airin adalah rumah besar di Partai Golkar," katanya.

KIM Plus Retak di Banten

Sebelumnya, hanya PDIP dan Golkar yang belum memutuskan untuk merapat ke Koalisi Banten Maju. Koalisi gemuk itu diisi oleh 10 partai mulai dari Gerindra, Demokrat, PKS, PKB, NasDem, PAN, PPP, PSI, Garuda dan Prima. Koalisi gemuk itu menyatakan sepakat untuk mendukung Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilkada Banten 2024. 

Adapun, Airin-Ade kini didukung Partai Golkar, PDIP, Gelora dan Partai Buruh untuk berkompetisi dengan Koalisi Banten Maju yang mengusung pasangan Andra Soni dan Dimyati Natakusumah.

 

KIM Plus di Jakarta

Pasangan duet Ridwan Kamil-Suswono atau RIDO diusung 12 parpol untuk maju di Pilkada Jakarta diantaranya Gerindra, Golkar, PKB, PAN, Demokrat, PKS, NasDem, Perindo, PSI, Garuda, PPP, dan Gelora. Otomatis tersisa satu parpol yang belum menyatakan sikap yakni PDIP di Pilkada Jakarta 2024.

PDIP berencana mengumumkan gelombang keempat Calon Kepala Daerah (Cakada) atau Calon Wakil Kepala Daerah (Cawakada) pada. Rabu, 28 Agustus 2024, besok.

Tiga pasangan calon yang bakal diumumkan PDIP yakni untuk Pilkada Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Jawa Timur (Jatim). Di mana, PDIP belum mengumumkan secara resmi Cagub maupun Cawagub di tiga provinsi tersebut.

"Kemungkinan besok akan ada pengumuman gelombang IV cakada/cawakada untuk 40 daerah terakhir termasuk propinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan Jakarta," kata Juru Bicara PDIP, Chico Hakim.

Topik Menarik