SPECIAL REPORT HUT RI: 10 Quote Presiden Soekarno yang Membakar Semangat Pemuda Indonesia

SPECIAL REPORT HUT RI: 10 Quote Presiden Soekarno yang Membakar Semangat Pemuda Indonesia

Nasional | okezone | Minggu, 18 Agustus 2024 - 08:15
share

PRESIDEN RI pertama, Soekarno memiliki peran yang sangat penting dalam meraih kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Kiprahnya dalam membakar semangat pemuda Indonesia sebelum maupun setelah kemerdekaan sangatlah penting.

Pria yang kerap disapa Bung Karno itu terkenal dengan gaya pidatonya yang berapi-api, dan selalu mampu memberikan pesan-pesan kehidupan. Meskipun sudah tiada, perjuangan dan kata-katanya tetap membekas dan terkenang dalam hati masyarakat.

Salah satu kutipan Soekarno yang cukup populer yaitu "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri," kata Bung Karno.

Ucapan Bung Karno pun terbukti. Saat ini, sejak awal kemerdekaan, Indonesia selalu diterjang konflik. Mulai dari konflik soal penetapan dasar negara, perebutan kekuasaan, hingga penyelewengan. Dan perbedaan-perbedaan yang ada, bisa membuat rakyat terpecah belah dan saling berperang.

Berikut kutipan-kutipan Soekarno mengenai kemerdekaan, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber pada Sabtu (17/8/2024) :

Sepuluh Quote Bung Karno

  1. Berilah aku 1.000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.
  2. Saatnya telah tiba untuk meyakinkan dunia bahwa aku bukan boneka Jepang.
  3. Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan meminta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetap merdeka, daripada makan bistik tapi budak.
  4. Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsanya hidup dalam damai dan persaudaraan.
  5. Merdeka hanyalah sebuah jembatan, walaupun jembatan emas, di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis!
  6. Kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudera agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2 sen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita.
  7. Kita jangan pernah mewarisi abunya sumpah pemuda, tetapi kita harus mewarisi apinya sumpah pemuda.
  8. Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad merdeka atau mati.
  9. Negara Republik Indonesia ini bukan milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu suku, bukan milik suatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!
  10. Pemilihan umum jangan menjadi tempat pertempuran. Perjuangan kepartaian yang dapat memecah persatuan bangsa Indonesia.
Topik Menarik