Upacara HUT Ke-79 RI di IKN, Puan Maharani Didapuk Bacakan Teks Proklamasi

Upacara HUT Ke-79 RI di IKN, Puan Maharani Didapuk Bacakan Teks Proklamasi

Nasional | okezone | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 10:11
share

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengikuti upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan, Sabtu (17/8/2024). Pada upacara peringatan kemerdekaan Indonesia di Istana Negara IKN, Puan didapuk menjadi pembaca teks Proklamasi.

Puan sendiri memastikan kehadirannya di Upacara HUT Ke-79 RI di IKN usaimemimpin Rapat Paripurna masa persidangan pertama tahun 2024-2025 DPR, Jumat (16/8/2024) sore. Puan berangkat menuju IKN Jumat malam dan menginap di Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) yang kini sudah tuntas dibangun.

Berdasarkan informasi, semua pimpinan lembaga negara akan menginap di RTJM sebagai persiapan upacara di pagi harinya. Dan sama seperti tahun 2021, Puan diminta menjadi pembaca teks proklamasi pada upacara peringatan HUT ke-79 RI ini.

Saat ditanya wartawan apakah Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri akan hadir di IKN besok, Puan menyatakan Ketum PDI Perjuangan (PDIP) itu telah memiliki agenda lain.

Ada acara di Lenteng Agung dengan struktur partai, jelas mantan Menko PMK tersebut.

Pada Jumat, Puan sendiri memimpin Sidang Bersama DPR dan DPD yang merupakan agenda tahunan parlemen. Puan juga memimpin Rapat Paripurna masa persidangan pertama tahun 2024-2025 DPR di mana pada agenda itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Pengantar Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya.

Di Sidang Bersama DPR-DPD, Puan menyambut peringatan HUT ke-79 RI dengan menekankan tentang pentingnya kerja bersama seluruh elemen bangsa untuk kemajuan Indonesia.

Besok, 17 Agustus 2024 (hari ini) adalah 79 tahun Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia; 79 tahun kita Menjadi Indonesia. Menjadi Indonesia, berarti kita bertekad dan bekerja untuk memiliki suatu bangsa dan negara yang berkarakter Indonesia, ungkap Puan, pagi tadi.

Sudah 79 tahun, bangsa dan negara kita membangun. Membangun di berbagai bidang: politik, hankam, sosial, ekonomi, budaya, religi, hak asasi manusia, lingkungan hidup, dan lain sebagainya, lanjut perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Puan menilai, bangsa dan rakyat Indonesia selayaknya berterima kasih atas upaya setiap pemerintahan untuk membangun negara dan mengatasi tantangan di zamannya. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memimpin Indonesia dalam 2 periode kepemimpinan.

Terima kasih, kita sampaikan juga kepada Presiden Ir. H. Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H. Maruf Amin, yang akan segera berakhir masa tugasnya, atas upaya dan kerjanya selama 10 tahun ini, dalam membangun Indonesia, ujar Puan.

Topik Menarik