Megawati Jadi Irup Pengibaran Bendera HUT Kemerdekaan Republik di Depan Sekolah Partai PDIP

Megawati Jadi Irup Pengibaran Bendera HUT Kemerdekaan Republik di Depan Sekolah Partai PDIP

Nasional | purwokerto.inews.id | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 09:50
share

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Presiden Kelima RI sekaligus Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri bertindak sebagai inspektur upacara pengibaran bendera Merah Putih di parkiran Masjid At Taufiq, depan Sekolah Partai PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2024).

Berdasarkan pantauan di lokasi, Megawati memasuki lapangan upacara sekira pukul 08.58 WIB. Kemudian, pemimpin upacara langsung memberikan lapor kepada Megawati selaku inspektur upacara terkait kesiapan upacara.

"Lapor, upacara pengibaran bendera merah putih siap dilaksanakan," kata pemimpin upacara.

"Laksanakan," perintah Megawati yang bertindak sebagai Irup upacara.

Kemudian, Paskibraka yang didampingi Satgas Cakra Buana langsung memasuki lapangan upacara. Sesampainya di tiang bendera, sang saka merah putih dinaikkan dengan diiringi lagu Indonesia Raya.

Selanjutnya, agenda upacara dilanjutkan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh Megawati. Setelah itu, pembacaan teks proklamasi oleh Komaruddin Watubun, teks Pancasila oleh Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito dan pembacaan dan undang-undang dasar (UUD) 1945 oleh Yoseph Aryo Adhi Dharma.

Setelah itu, pemimpin upacara memerintahkan kepada anggota upacara untuk istirahat di tempat guna mendengar amanat upacara oleh Megawati Soekarnoputri.

Topik Menarik