Menag Yaqut Pimpin Doa Apel Kehormatan dan Renungan Suci di IKN

Menag Yaqut Pimpin Doa Apel Kehormatan dan Renungan Suci di IKN

Nasional | okezone | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 04:15
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo memimpin langsung sebagai inspektur upacara apel kehormatan dan renungan suci di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur pada Sabtu dini hari tadi (17/8/2024). Upacara yang dilangsungkan pada pukul 00.00 WITA, dilangsungkan di Taman Kusuma Bangsa Ibu Kota Nusantara (IKN), tepatnya di depan monumen api abadi dan patung Soekarno dan Hatta yang dinaungi patung sayap burung Garuda setinggi 17 meter.

Selepas dibacakannya naskah apel kehormatan yang dipimpib oleh Presiden Jokowi, prosesi mengheningkan cipta pun berlangsung secara khidmat. Tak lama berselang, Menteri Agama RI, Yaqut Choulil Qoumas memimpin pembacaan doa yang dilangsungkan berdasarkan agama Islam.

"Yaa Allah, Tuhan yang menggariskan takdir dan kepahlawan. Yaa Allah, Tuhan yang menganugerahkan kemenangan melalui perjuangan. Yaa Allah, Tuhan yang menghias pribadi-pribadi mulia, dengan kesabaran," tutur Menag Yaqut membacakan doa, Sabtu (17/8/2024).

Menag yang akrab dipanggil Gus Yaqut itu membacakan doa guna memberikan rahmat dan ampunan kepada para pahlawan kemerdekaan Indonesia. Ia menghaturkan permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar juga menganugerahkan rakyat Indonesia dengan jalan keteladanan para pahlawan yang mendahului tersebut.

"Kuatkan hati dan langkah kami meraih kejayaan, agar tak sia-sia air mata dan pengorbanan. Agar tak durhaka, generasi kami yang hanya melanjutkan," lanjut Gus Yaqut.

Diketahui, Presiden Joko Widodo beserta ibu negara, Iriana Joko Widodo menghadiri upacara apel kehormatan dan renungan suci di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur pada Jumat malam ini (16/8/2024). Upacara dihelat di Taman Kusuma Bangsa IKN mulai sekira pukul 23.15 WIB.

Jokowi tiba beserta Ibu Negara, dalam iring-iringan rombongan pasukan pengamanan presiden (Paspampres), dengan menaiki mobil caddy golf ke lokasi upacara. Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Solo itu tiba dengan setelan jas lengkap kenegaraan beserta peci songkok hitam, sementara Iriana tampil dengan jilbab dan kebaya panjang terusan berwarna putih senada ikut mendampingi suaminya tersebut.

Setiba di lokasi, Presiden Jokowi segera disambut dengan pengawalan lalu memberikan posisi siap. Selain Jokowi beserta Iriana, tampak sejumlah tokoh-tokoh yang ikut menghadiri upacara apel kehormatan tersebut.

Tampak terlihat Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad; Menteri BUMN, Erick Thohir; Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan sejumlah pejabat teras lainnya.

Topik Menarik