Wapres Pimpin Malam Renungan Suci di TMP Kalibata, Doakan Semua Arwah Pahlawan Indonesia

Wapres Pimpin Malam Renungan Suci di TMP Kalibata, Doakan Semua Arwah Pahlawan Indonesia

Nasional | okezone | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 02:02
share

JAKARTA - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Ami n memimpin jalannya Apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan pada Sabtu (17/8/2024) dini hari. Ma'ruf pun mendoakan semua arwah para pahlawan Indonesia.

"Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa ditempat yang sebaik-baiknya," ujar Ma'ruf Amin saat membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci selaku Inspektur Upacara sebagaimana dilihat di kanal Youtube Sekretariat Wapres RI, Sabtu (17/8/2024).

Wapres Ma'ruf Amin sebagai Inspektur Upacara menyampaikan, apel kehormatan dan renungan suci itu digelar dalam rangka memperingati ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Semua yang hadir pada Sabtu, 17 Agustus 2024 pukul 00.00 WIB, mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Dia menerangkan, di TMPN Kalibata, ada sebanyak TNI dan Polri 9.301 pahlawan, badan perjuangan 930 pahlawan, tokoh nasional 76 pahlawan, tidak dikenal 43 pahlawan, dengan jumlah 10.350 pahlawan. Bukan hanya pahlawan yang bersemayam di TMPN Kalibata saja, tapi juga para pahlawan lainnya ada di seluruh Indonesia.

"Begitu pun para pahlawan tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai, dan di dasar-dasar lautan, kami nyatakan hormat yang sebesar besarnya atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian penghormatan para pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," tuturnya.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga," kata Ma'ruf menutup pembacaan naskah apel tersebut.

Topik Menarik