Pidato Kenegaraan Terakhir, Jokowi Pilih Baju Adat Betawi, Ma’ruf Amin Pakai Adat Palembang

Pidato Kenegaraan Terakhir, Jokowi Pilih Baju Adat Betawi, Ma’ruf Amin Pakai Adat Palembang

Nasional | palembang.inews.id | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 15:50
share

JAKARTA, iNewspalembang.id Busana adat Betawi menjadi pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipenghujung jabatan menyampaikan pidato kenegaraan di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat (16/08/2024).

Terlihat Presiden Jokowi mengenakan baju adat Betawi berwarna hitam dilengkapi dengan peci hitam.Busana tersebut terdiri dari jas tutup berwarna gelap yang dikenakan di atas kemeja, serta celana pantalon yang sejajar dengan jas. Kain batik diikatkan di pinggang dan disusun hingga mencapai paha.

Sementara, Ibu Negara Iriana mengenakan kebaya berwarna cream dan menyempurnakan penampilannya dengan kain dan selendang berwarna senada.

Berbeda dengan Wakil Presiden (Wapres) RI Maruf Amin, yang mengenakan pakaian adat khas Melayu Palembang dengan kemeja dan celana panjang berwarna hitam.

Kemudian, memakai semacam ikat kepala dan kain di pinggang berwarna krem campur merah. Wapres yang didampingi sang istri, Wury Estu Handayani dengan mengenakan kebaya Betawi berwarna hijau.

Presiden dan Ibu Iriana tiba di Gedung Nusantara sekitar pukul 08.56 WIB. Kedatangan Presiden dan Ibu Iriana disambut langsung Wapres Maruf Amin dan Ibu Wury Maruf Amin. Lalu mereka bersama-sama memasuki Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Presiden Jokowi menyampaikan pidato tentang Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada siang harinya, Presiden Jokowi juga akan menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya.



Topik Menarik