Usai Upacara HUT ke-79 RI, Jokowi Akan Lakukan Peletakan Batu Pertama di IKN

Usai Upacara HUT ke-79 RI, Jokowi Akan Lakukan Peletakan Batu Pertama di IKN

Nasional | sindonews | Rabu, 14 Agustus 2024 - 09:02
share

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan ada banyak acara peletakan batu pertama atau groundbreaking usai upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Terus (groundbreaking), ini terus. Karena yang diseleksi dari LOI 472 itu terus oleh Kepala Otorita terus diseleksi, ada 10 langsung mulai. Antre, mereka antre, hanya tidak semua kan diberikan kesempatan untuk masuk sini.

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan bahwa ada 472 investor yang telah mengajukan minat untuk berinvestasi di IKN, namun setelah melalui proses seleksi, sebanyak 220 investor dianggap serius dan layak untuk melanjutkan investasinya.

Proses seleksi penting dilakukan untuk memastikan hanya investor yang serius yang dapat berinvestasi di IKN. Presiden juga menjamin proses pengurusan Hak Guna Bangunan (HGB) akan sangat cepat, dengan target maksimal 11 hari setelah penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Jokowi mengatakan IKN siap melaksanakan upacara peringatan HUT ke-79 RI. Meski belum 100, masih banyak hal-hal kecil yang perlu dicek lagi. "Ya tidak 100 tapi sudah mendekati, masih ada hal kecil yang detil tadi disebut diulangi dicek lagi, sangat bagus," ungkapnya.

Selain itu, pemerintah masih memprioritaskan investor lokal untuk bersama membangun IKN dibandingkan investor asing. "Kita ini yang lokal saja masih banyak, mestinya diprioritaskan yang domestik dulu," kata Jokowi.

Topik Menarik