Dewan Syura PKB Jawa Barat Sepakat Pertahankan Soliditas Partai

Dewan Syura PKB Jawa Barat Sepakat Pertahankan Soliditas Partai

Nasional | sindonews | Selasa, 13 Agustus 2024 - 11:08
share

Forum Dewan Syura PKB Jawa Barat sepakat mempertahankan soliditas internal partai ini dalam menghadapi tantangan dan dinamika politik lima tahun ke depan. Soliditas internal partai dinilai menjadi salah satu kunci kesuksesan PKB dalam Pemilu Serentak 2024.

“Kami menilai kekompakan dan kesolidan pengurus PKB di semua tingkatan menjadi kunci sukses dalam kenaikan suara maupun kursi PKB dalam Pemilu 2024. Kami merasa bahwa soliditas ini harus dijaga, salah salah satunya dengan mempertahankan manajemen kepartaian yang telah dipraktikkan dalam lima tahun terakhir ini,” kata Ketua Dewan Syura DPW PKB Jawa Barat KH Acep Adang Ruhiyat saat menyampaikan hasil Silaturahmi dan Konsolidasi Dewan Syuro PKB se-Jabar, Selasa (13/8/2024).

Kiai Acep menuturkan, PKB dalam lima tahun terakhir menunjukkan tren peningkatan kinerja. Hal itu ditunjukkan dari pencapaian peningkatan suara dan kursi hasil Pemilu 2024 serta kontribusi positif kader PKB dalam penyelenggaraan negara baik melalui jalur legislatif maupun eksekutif.

Baca juga: 65 Pimpinan Parpol Luar Negeri Diundang Hadiri Muktamar PKB di Bali

“Kita sendiri bisa melihat peningkatan suara dan kursi yang cukup signifikan dalam Pemilu 2024 di mana PKB mampu meraih lebih dari 16 juta suara serta meningkatkan kursi di DPR RI hingga 10 kursi. Peningkatan ini juga terjadi di kursi DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten/kota se-Indonesia,” tuturnya.

Dia melanjutkan, dari sisi penyelenggaraan negara, kader-kader PKB mampu menunjukkan kontribusi positif baik dari jalur legislatif maupun eksekutif. Di jalur legislatif, kata dia, PKB mampu mengawal lahirnya Dana Abadi Pesantren serta mendorong terwujudnya peningkatan manajemen layanan pendidikan.

“Sedangkan di jalur eksekutif baik menteri maupun kepala daerah dari PKB mampu memberikan kontribusi bagi akselarasi pembangunan desa serta upaya meningkatkan layanan dasar di wilayah masing-masing,” kata Adik Rais Aam PBNU KH Ilyas Ruhiyat ini.

Dia menegaskan bahwa capaian prestasi kader-kader PKB tersebut tidak akan terwujud jika tidak didukung dengan soliditas dan stabilitas pengelolaan partai. Dia berpendapat, dalam lima tahun terakhir Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mampu menghadirkan manajemen partai yang solid, sehingga kader PKB bisa fokus pada tugasnya masing-masing.

“Selain itu Gus Muhaimin mampu menciptakan ruang demokratis sehingga pengurus dan kader bisa meningkatkan kapasitas dan kreativitas masing-masing. Situasi ini harus dipertahankan selama lima tahun ke depan,” ungkapnya.

Kiai Acep berpendapat bahwa tantangan Indonesia lima tahun ke depan bakal semakin berat terutama dalam bidang ekonomi. Menurutnya, kondisi ini menjadi beban tersendiri bagi Nahdliyin yang menjadi konstituen terbesar PKB.

“Soliditas PKB akan menjadi kunci penting dalam mengawal kepentingan Nahdliyin untuk bisa survive menghadapai berbagai tantangan terutama di bidang ekonomi. Maka jika ada berbagai upaya untuk memecah belah PKB dampaknya sangat besar karena kita akan kembali lagi pada titik nol dan yang menjadi korban terbesar adalah para Nahdliyin,” pungkasnya.

Diketahui jajaran Dewan Syura PKB se-Jawa Barat mengadakan silaturahmi dan konsolidasi di Ponpes VIP Bina Insan Mulia Cirebon Sabtu (10/8/2024). Dalam forum tersebut disepakati langkah menjaga soliditas internal PKB dalam mempertahankan capaian prestasi selama lima tahun terakhir dan menghadapi dinamika politik terbaru.

Topik Menarik