Stok Lama Masih Ada, Yasonna Laoly Titip Pesan Agar Tahun Depan Dibuatkan Sayembara saat Paspor Baru Terbit

Stok Lama Masih Ada, Yasonna Laoly Titip Pesan Agar Tahun Depan Dibuatkan Sayembara saat Paspor Baru Terbit

Nasional | okezone | Minggu, 18 Agustus 2024 - 12:03
share

JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna H. Laoly menitipkan pesan kepada menteri era Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk membuat sayembara saat paspor merah putih atau desain baru terbit 17 Agustus 2025 mendatang. Ia menilai paspor merah putih bakal memiliki nilai historis bagi bangsa Indonesia.

"Nanti saya pesankan karena saya tidak menteri lagi tahun 2025 buat sayembara pada waktu sebelum 17 Agustus 2025, seratus pertama free of charge dan pilih nomornya. Jadi kalian berlomba lomba nanti untuk membuat ini karena memiliki nilai historis buat kalian. Inilah identitas kebangsaan kita," kata Yasonna usai Launching Desain Baru Paspor Indonesia di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2024).

Yasonna membeberkan alasan paspor baru dapat didistribusikan ke masyarakat tahun depan tak lain karena stok paspor lama masih ada.

"Tahun depan baru distribusi layanannya 17 Agustus 2025, kenapa? karena kita masih ada stok paspor dan persiapan. Be the first untuk mengambil paspor merah putih ini," ujarnya.

Ia mengatakan warna yang digunakan paspor baru merah dan putih sebagai representasi bendera pusaka Indonesia. Ia menambahkan warna desain baru juga supaya senafas dengan semangat kemerdekaan Indonesia.

"Warnanya merah dan putih representasi dari bendera pusaka merah putih, itu sebabnya dilaunching pada 17 Agustus. Sebenarnya tanggal 19 Agustus nanti lusa itu hari pengayoman, hari ke-79 tahun Kementerian Hukum dan HAM," kata Yasonna kepada wartawan usai launching.

"Filosofinya supaya senafas dengan kemerdekaan kita, pilihan warna merah putih maka kita launching hari ini. Tadi sudah dijelaskan bahwa filosofinya ini adalah identitas kita sebagai bangsa dan membuktikan menggunakan desain lembar per lembar dari kain kain tenun nusantara dari 5 ribuan yang kita pakai ada 33 jenis kain sesuai dengan jumlah halaman paspor yang ada," tambahnya.

Topik Menarik