Sambut HUT RI dan Hari Kemenkumham, Bengkel Enduro Sahabat Lapas Berikan Promo Menarik

Sambut HUT RI dan Hari Kemenkumham, Bengkel Enduro Sahabat Lapas Berikan Promo Menarik

Nasional | purwokerto.inews.id | Senin, 12 Agustus 2024 - 09:00
share

SLEMAN, iNewsPurwokerto.id - PT Pertamina Lubricants (PTPL) menjalin kerjasama dengan Lapas Kelas IIB Sleman (Lapas Cebongan) untuk meluncurkan promo terbaru bagi Bengkel Enduro Sahabat Lapas yang berada di Lapas Cebongan.

Enduro Sahabat Lapas (ESL) adalah program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) milik PTPL berkonsep Creating Shared Value (CSV). Program ini dirancang untuk mengembangkan kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana setelah menyelesaikan masa tahanan, dengan memberikan pelatihan keterampilan otomotif sepeda motor dan sertifikasi sebagai mekanik.

Selain itu, program ini juga menyediakan bantuan modal untuk fasilitas pelayanan bengkel Enduro di area lembaga pemasyarakatan.

Salah satu promo menarik yang tersedia adalah penambahan waktu kunjungan selama 30 menit bagi keluarga atau pengunjung narapidana, dengan syarat melakukan penggantian oli dan pencucian motor di lapas bengkel. Warga di sekitar bengkel serta pegawai internal Lapas Cebongan tampak antusias memanfaatkan promo diskon dan kopi gratis yang disediakan oleh lapas UMKM. Selain itu, para WBP juga menerima dukungan berupa tambahan peralatan bengkel untuk meningkatkan kualitas pelayanan mereka.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Hardiyanto Tato selaku Corporate Secretary PTPL, Kepala Lapas Kelas IIB Sleman- Kelik Sulistyanto, tokoh masyarakat sekitar, dan mekanik WBP.

Corporate Secretary PTPL, Hardiyanto Tato mengatakan jika program ini memanfaatkan bengkel yang ada di dalam lapas untuk perawatan. Program ini juga untuk mendukung WBP sebagai bekal setelah keluar dari lapas.

"Mari kita bersama-sama mensukseskan program ini dengan memanfaatkan bengkel yang ada di lapas untuk perawatan motor. Turut ramaikan, dan sebarluaskan promo-promo ini. Bersama kita rangkul dan dukung WBP untuk mendapatkan bekal masa depan yang lebih baik," kata Hardiyanto dalam keterangannya, Minggu (11/8/2024).

Program ESL ini sendiri telah dirintis di Lapas Cebongan sejak tahun 2021 secara bertahap. Serangkaian pelatihan yang diberikan diantaranya adalah pelatihan dasar mekanik, pelatihan otomotif lanjutan dan pengelasan, product knowledge, serta keterampilan berkomunikasi dengan konsumen untuk menumbuhkan kepercayaan diri.

Sementara menurut Kepala Lapas Kelas IIB Sleman-Kelik Sulistyanto, menegaskan jika pihaknya sangat berterimakasih kepada Pertamina Enduro yang telah membimbing para narapidana di Lapas Cebongan melalui bekal bimbingan kerja. Ia berharap program ini mampu memberikan penghidupan baru untuk para narapidana.

"Terima kasih kepada Pertamina Enduro yang telah menambah warna dari program bimbingan kerja (bimker) di lapas. Program yang luar biasa perhatiannya kepada narapidana kami ini mampu berkontribusi memberikan hidup, kehidupan, dan penghidupan baru bagi narapidana kami," ucapnya.

Keberlanjutan pembinaan untuk para WBP yang kompeten dan telah menyelesaikan masa tahanan ini, diharapkan dapat memberikan peluang mendapatkan dukungan untuk membuka usaha bengkel sendiri.

Topik Menarik