7 Fakta Alex Kawilarang, Sosok Jenderal Tampan Pendiri Kopassus

7 Fakta Alex Kawilarang, Sosok Jenderal Tampan Pendiri Kopassus

Nasional | sindonews | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 05:20
share

Alex Kawilarang adalah salah satu tokoh militer yang namanya tidak dapat dilepaskan dari Komando Pasukan Khusus ( Kopassus ). Pasukan elite ini dikenal sebagai satuan dengan kemampuan paling 'berbahaya' di militer Indonesia.

Pria bernama lengkap Alexander Evert Kawilarang tersebut merupakan perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) di masa Revolusi Nasional Indonesia dan mantan anggota KNIL. Dia lahir di Jatinegara, Jakarta pada 23 Februari 1920. Karier militernya telah menyajikan berbagai fakta menarik, dari yang pernah memarahi Soeharto hingga mendirikan Korps Baret Merah.

7 Fakta Alex Kawilarang

1. Berasal dari Keluarga Militer

Ayah Alex Kawilarang yang bernama Alexander Herman Hermanus Kawilarang adalah seorang mayor KNIL. Orang tuanya ini berasal dari Remboken di Sulawesi Utara.

Pria yang masuk dalam sub-suku Toulour ini merupakan sepupu dari Daan Mogot, Direktur Akademi Militer Tangerang yang tewas dalam Pertempuran Lengkong yang berupaya melucuti depot tentara Jepang pada 1946.

2. Menjalani Sistem Pendidikan Eropa yang Komprehensif

Alex Kawilarang memulai pendidikan dasarnya di Europeesche Lagere School (ELS). Selesai dari situ, ia melanjutkan ke Hoogere Burgerschool te Bandoeng.

Selesai dari pendidikan menengahnya, Kawilarang mengikuti jejak ayahnya dan masuk pendidikan militer, mula-mula di Korps Pendidikan Perwira Cadangan KNIL (Corps Opleiding Reserve Officeren, CORO) pada 1940.

Kemudian, ia melanjutkan ke Akademi Militer Kerajaan (Koninklijk Militaire Academie) darurat di Bandung dan Garut, Jawa Barat dari 1940 sampai 1942. Dia sekelas dengan AH Nasution dan TB Simatupang.

3. Menderita Cacat Karena Jepang

Selama pendudukan Jepang, orang-orang Manado, Ambon, dan Indo sering ditangkap secara acak karena kedekatan mereka dengan Belanda. Kawilarang disiksa beberapa kali oleh pasukan Jepang pada 1943 dan 1944.

Kawilarang selamat, tetapi menderita cacat seumur hidup di lengan kanannya dan banyak bekas luka. Pada 1944, ayah Kawilarang diduga tewas ketika ia menjadi seorang tawanan di kapal kargo Jepang, Junyo Maru.

4. Menduduki Posisi Strategis Setelah Revolusi Nasional

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Alex Kawilarang mulai mendapatkan posisi menjanjikan di militer Tanah Air. Mulai dari Kepala Staf Resimen Infanteri Bogor Divisi II Jawa Barat, hingga komandan Brigade II/Surya Kencana di 1946.

Dirinya juga pernah menjabat sebagai Gubernur Militer wilayah Aceh dan Sumatera Utara merangkap Wakil Koordinator Keamanan dengan pangkat kolonel di tahun 1949. Bahkan di usianya yang baru menginjak 30 tahun, ia telah diangkat sebagai Panglima Operasi Pasukan Ekspedisi pada 15 April 1950.

5. Pernah Memarahi Soeharto

Kisah ini datang ketika Kawilarang menjabat sebagai Panglima TT VII/Indonesia Timur, Kawilarang baru saja melapor kepada Presiden Soekarno bahwa keadaan di Makassar sudah aman. Namun Soekarno malah menyodorkan sebuah radiogram yang baru saja diterimanya yang melaporkan bahwa pasukan KNIL Belanda sudah menduduki Makassar.

Ternyata itu disebabkan karena pasukan yang seharusnya mempertahankan kota Makassar, telah melarikan diri ke Lapangan Udara Mandai. Kawilarang marah besar dan segera kembali ke Makassar.

Setibanya di lapangan udara ia langsung memarahi komandan Brigade Mataram, Letkol Soeharto. Dalam satu wawancara, Kawilarang membantah bahwa ia menyerang Soeharto, tetapi ia mengakui bahwa dia harus menegurnya pada waktu itu.

Sejarawan dan tokoh pemuda 1945, Des Alwi menyebutkan jika tindakan Kawilarang pada Soeharto ini membuatnya tidak pernah dimaafkan oleh Presiden Kedua RI itu. Sehingga sampai Kawilarang meninggal, Soeharto tidak pernah berbicara dengan bekas atasannya itu.

6. Membentuk Kopassus

Pengalaman pertempuran di Maluku mendorong Kawilarang untuk membentuk pasukan yang menjadi cikal bakal Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Namun ada pula pendapat yang menyebut jika ide pasukan khusus ini adalah gagasan Kawilarang dan Riyadi.

Pada 15 April 1952, Kawilarang mendirikan Kesatuan Komando Tentara Territorium III (Kesko TT) di Batujajar, Jawa Barat, ketika ia menjadi Panglima TT III/Siliwangi. Dirinya lantas meminta Moch. Idjon Djanbi, seorang mantan komando KNIL, untuk melatih unit tersebut.

7. Ikut Serta dalam Permesta

Pada tahun 1958 ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai atase militer di Amerika Serikat untuk bergabung dengan pemberontakan Permesta di mana ia harus melawan pasukan Kopassus yang ia bentuk sebelumnya.

Keterlibatannya dalam Permesta menghentikan karier militernya dengan TNI, tetapi ia tetap populer dan aktif dalam komunitas angkatan bersenjata sampai masa tuanya.

Topik Menarik