Sosok Nyak Ayu Saree, Pemenang Kontes Kecantikan Transgender dari Aceh yang Viral

Sosok Nyak Ayu Saree, Pemenang Kontes Kecantikan Transgender dari Aceh yang Viral

Nasional | okezone | Rabu, 7 Agustus 2024 - 14:58
share

JAKARTA - Nama Nyak Ayu Sare mendadak jadi perbincangan setelah ia dinobatkan sebagai pemenang Miss Beauty Star Indonesia 2024 atau ajang kecantikan transgender yang digelar di Grand Ballroom Orchardz Industri Hotel, Jalan Industri Raya, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu 4 Agustus 2024. Kegiatan itu viral di media sosial hingga polisi turun tangan menyelidiki.

Dalam video viral di media sosial, Nyak Ayu Sare yang mengenakan selempang bertulis "Aceh" menangis bahagia saat diumumkan pemenang Miss Beauty Star Indonesia 2024. Ayu kemudian dipakai mahkota dan diberikan piala.

Lalu siapa sebenarnya Nyak Ayu Sare?

Nyak Ayu Sare merupakan seorang perempuan transgender atau transpuan dari Aceh. Ia salah satu selebgram asal Tanah Rencong yang populer nama dengan Ayu Saree. 

Saree yang disematkan di depan nama Ayu merupakan nama desa atau perkampungan di Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar.

Ayu Saree disebut-sebut sudah hijrah dari Aceh dan tinggal di Jakarta karena di daerah asalnya, orang transpuan sepertinya kurang diterima oleh masyarakat. Maklum, Aceh salah satu daerah yang menerapkan syariat Islam dan warganya juga masih kental menjunjung tinggi adat budaya lokal serta norma-norma.

Ayu Saree merupakan alumnus Transchool Sanggar Swara, sebuah sekolah alternatif bagi para transpuan muda untuk belajar tentang kesetaraan, hak asasi manusia (HAM), kesehatan seksual, reproduksi, dan lainnya.

Dalam sebuah wawancara yang videonya sempat beredar di medsos, Ayu Saree mengisahkan perjuangannya hijrah dari Aceh untuk masuk Transchool.

"Ayu memberanikan diri dengan harapan semoga ayu lolos. Tidak lama setelah itu, mereka (Transchool) memberi kabar bahwa Ayu ke lolos ke Jakarta. Saya sangat bahagia, hampir setiap malam Ayu membayangin bagaimana ya kalau nanti tinggal di Jakarta. Aku mau pakai baju apa di Jakarta," kata Ayu seperti dikutip dari video tersebut.

Ayu akhirnye pergi ke Jakarta. Ia mengaku sangat gembira bisa ke Jakarta untuk hidup dan berjuang sama-sama dengan orang-orang transpuan sepertinya.

"Alhamdulillah sampai di Jakarta Ayu bebas menjadi transpuan seutuhnya. Itulah kisahku, kisah perjalananku."

 

Benar saja setelah hijrah ke Jakarta, Ayu semakin bebas mengekspresikan diri dan aktif dalam berbagai kegiatan komunitas transpuan. 

Ayu Saree aktif mengikuti kontes-kontes kecantikan transpuan. Sebelum dinobatkan sebagai Miss Beauty Star Indonesia 2024 yang viral dan heboh, Ayu pernah memenangkan beberapa ajang lain.

Enam tahun lalu, Ayu Saree pernah masuk sebagai finalis Top 10 Miss TRANSCHOOL 2018. Dua tahun setelah Ayu menjadi runner up 3 Miss PRADA 2022. Tahun lalu, Ayu dinobatkan sebagai Putri MMH PRADA 2023.

Tahun ini, selain memenangkan Miss Beauty Star Indonesia 2024, Ayu Saree juga meraih juara Miss Queer Puan 2024. 

Ayu Saree juga sangat aktif di media sosial seperti Instagram hingga TikTok. Ia sering membagikan video-videonya dengan berpenampilan seperti perempuan seutuhnya. Akun Instagramnya @ayuu_sareeofficial punya lebih 46 ribu pengikut.

Tapi, setelah viralnya kontes Miss Beauty Star Indonesia 2024, nama Ayu Saree jadi perbincangan dan juga sasaran kecamatan warga Aceh yang tak terima daerahnya dibawa-bawa dalam ajang kontes kecantikan transpuan di Jakarta.

Sejurus kemudian akun Instagram Ayu Saree sudah terkunci.
 

Topik Menarik