Eks Penyidik Optimis Banyak Pendaftar Capim KPK, dan Minta Pansel Proaktif Jemput Bola

Eks Penyidik Optimis Banyak Pendaftar Capim KPK, dan Minta Pansel Proaktif Jemput Bola

Nasional | okezone | Rabu, 5 Juni 2024 - 15:06
share

JAKARTA - Eks Penyidik KPK, Yudi Purnomo Harahap optimistis akan banyak calon pimpinan (capim) KPK yang mendaftar, setelah panitia seleksi (pansel) mengumumkan pendaftaran calon pimpinan dan Dewas KPK yang dimulai tanggal 26 Juni 2024 hingga 15 Juli 2024.

Menurut Yudi, banyaknya capim yang mendaftar didasari oleh kondisi KPK yang sekarang mengalami penurunan kepercayaan publik, dan krisis integritas yang dilakukan pimpinan dan pegawai KPK.

"Serta kinerja yang jauh dari memuaskan, maka seharusnya akan banyak orang orang baik dan berintegritas akan mendaftar menjadi Calon Pimpinan KPK dengan misi menyelamatkan KPK agar tidak semakin terpuruk," kata Yudi kepada wartawan, Rabu (5/6/2024).

Yudi yang juga mantan ketua wadah pegawai KPK ini mengatakan, siapapun yang sudah memenuhi syarat dapat mendaftarkan diri.

"Baik itu yang pernah berpengalaman memberantas korupsi di KPK maupun tempat lain sebagai mantan pimpinan atau mantan pegawai KPK, Akademisi, masyarakat sipil hingga ASN harus mendaftar," ucapnya.

Apalagi Yudi yakin bahwa Pansel yang diketuai oleh Muhammad Yusuf Ateh yang juga merupakan Kepala BPKP, bisa bekerja secara profesional.

Topik Menarik