Sunan Muria, Wali Songo Termuda yang Merakyat dan Disegani

Sunan Muria, Wali Songo Termuda yang Merakyat dan Disegani

Nasional | okezone | Selasa, 4 Juni 2024 - 07:01
share

RADEN Umar Said atau lebih dikenal sebagai Sunan Muria, merupakan salah satu tokoh Wali Songo yang sangat disegani. Perannya sebagai bagian penyebar ajaran agama Islam di Nusantara membuat namanya sangat dikenang. Selain itu, kesalihannya juga terkenal dan patut dijadikan contoh oleh umat Islam.

Sunan Muria adalah putra dari Raden Said (Sunan Kalijaga) dengan Dewi Saroh, putri Syekh Maulana Ishaq. Dewi Saroh juga keturunan trah Sultan Malikussaleh Kesultanan Samudera Pasai dari jalur ibu Sultanah Pasai.

Kemudian nama Sunan Muria sendiri diperkirakan berasal dari nama gunung (Gunung Muria), letaknya ada di sebelah utara Kota Kudus, Jawa Tengah. Wilayah tersebut kini jadi tempat Sunan Muria dimakamkan yang wafat pada tahun 1560 Masehi. Ada yang menyebut bahwa Sunan Muria merupakan Wali Songo termuda di antara wali-wali lainnya.

Kisah Cinta Sunan Muria

Ketika beranjak dewasa, Sunan Muria menikah dengan Dewi Sujinah, putri Sunan Ngudung, adik dari Sunan Kudus. Sunan Muria juga menikah dengan Dewi Roroyono, putri Ki Ageng Ngerang dan Nyai Ageng Ngerang.

Saat Sunan Muria menikah dengan Dewi Sujinah dikaruniai seorang anak bernama Raden Saridin, Syeh Jangkung, atau dikenal juga sebagai Waliyullah Sunan Landoh.

Topik Menarik