Kepala BPIP Kukuhkan Paskibraka 2023 Jadi Duta Pancasila

Kepala BPIP Kukuhkan Paskibraka 2023 Jadi Duta Pancasila

Nasional | okezone | Senin, 3 Juni 2024 - 14:13
share

JAKARTA - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat pusat tahun 2023 dikukuhkan sebagai Purnapaskibraka Duta Pancasila (PDP). Pengukuhan dilakukan di Kota Dumai, Riau, pada Sabtu 1 Juni 2024.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi, mengukuhkan mereka usai menuntaskan tugas pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni di Lapangan Garuda PHR, Kota Dumai, Riau.

"Penetapan ini bermakna bahwa adik-adik wajib memegang teguh konsensus terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Yudi dikutip dalam keterangannya.

Yudian berharap PDP tahun 2023, yang terdiri dari perwakilan tiap provinsi, dapat menjadi teladan dalam mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Dalam laku hidup sehari-hari, adik-adik harus menanamkan nilai-nilai Pancasila, kebangsaan, persatuan dan kesatuan, cinta tanah air serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa," katanya.

Kepada mereka, Yudian menegaskan, bahwa betapa pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. "Sebelum mengucapkan ikrar dan pembacaan keputusan penetapan sebagai Duta Pancasila, saya akan bertanya kepada adik-adik, Apakah adik-adik bersedia untuk melaksanakan tugas sebagai Duta Pancasila?" tanya Yudian.

Sebanyak 78 anggota Paskibraka yang sebelumnya bertugas pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 dengan lantang menjawab siap sebagai Duta Pancasila.

Sementara Wakil Kepala BPIP, Rima Agristina, mengungkapkan, Purnapaskibraka telah diresmikan melalui Surat Keputusan Kepala BPIP Nomor 29 Tahun 2024. Ia berharap, PDP tahun 2024 akan menjadi Purnapaskibraka yang mencerminkan karakter Pancasila dalam masyarakat.

"Ya kita harapkan mereka memiliki tugas sebagaimana mestinya, memiliki norma dan perilaku yang baik dalam masyarakat," tuturnya.

Topik Menarik