Anak Sekolah Belajar di Masjid Hingga Es Dawet Rasa Pedas, Selengkapnya di Okezone Updates hari ini!

Anak Sekolah Belajar di Masjid Hingga Es Dawet Rasa Pedas, Selengkapnya di Okezone Updates hari ini!

Nasional | okezone | Sabtu, 1 Juni 2024 - 17:40
share

JAKARTA - Di Okezone Updates hari ini, Jumat (31/5/2024), ada berita tentang proses belajar mengajar di MTSN 7 Tanah Datar, pasca diterjang banjir bandang, yang kini dilaksanakan di masjid. Masyarakat gotong royong menyediakan dua lahan untuk relokasi sekolah yang hancur disapu banjir bandang.

Bencana banjir bandang 11 Mei lalu masih menyisakan luka. Tak hanya membawa kerusakan fisik, seperti rumah dan sekolah. Namun juga melumpuhkan proses belajar mengajar.

Seperti di MTSN 7 Tanah Datar. Siswa siswi terpaksa belajar di sebuah masjid, karena sekolah mereka hancur dan tertimbun lumpur yang dibawa oleh banjir bandang. Aktifitas belajar mengajar dilaksanakan di lantai 2 masjid dengan fasilitas seadanya.

Sebagian siswa bisa belajar dengan menggunakan meja dan bangku, dan sebagian lainya harus belajar di atas lantai. Tidak ada ruang guru hanya ada bagian kosong masjid di bagian depan dengan meja yang disusun seadanya.

Pasca bencana banjir bandang, masyarakat Sungai Jambu menghibahkan 2 lahan yang dapat dijadikan sebagai relokasi sekolah. Harapannya sebelum masuk tahun ajaran baru sekolah telah selesai dibangun meski hanya beberapa ruang kelas untuk tahap awal.

Selain berita tersebut juga ada informasi tentang es dawet atau cendol di Yogyakarta yang punya rasa pedas, karena diberi bumbu kacang dan sambal. Namanya es dawet sambel.

Tampilan dawet pedas khas Yogyakarta ini memang tak biasa. Campuran cendol atau dikenal dengan nama dawet di masyarakat Jawa ini biasanya gula dan santan. Pada dawet sambal campuran ini digantikan potongan toge, tahu, dan sambal sebagai toping cendol.

Meski terkesan tak lazim rasa dawet sambal ini tak kalah nikmat. Campuran rasa pedas, gurih, dan manis membuatnya selalu diburu para penggemar dawet.

Uniknya, meski disajikan dalam keadaan dingin, dawet sambal ini tidak disajikan dengan es. Di kota Yogyakarta, dawet sambal ini hanya ada di Pasar Ngasem di sisi utara Alun-alun Selatan.

Semua berita menarik tadi dapat anda saksikan di Okezone Updates di MNC Vision, K-Vision, MNC Play, Vision TV, Vision Plus, portal Okezone.com, Youtube Okezone dan streaming di https://tv.okezone.com/streaming. Tayang setiap hari pukul 21.00 WIB. Jangan sampai kelewatan, ya!

Topik Menarik