5 Contoh Pidato tentang Polusi Udara, Simak di Sini!

5 Contoh Pidato tentang Polusi Udara, Simak di Sini!

Nasional | BuddyKu | Senin, 4 September 2023 - 20:03
share

JAKARTA, iNews.id - Deretan contoh pidato tentang polusi udara berikut bisa dijadikan referensi oleh semua kalangan. Selanjutnya, pidato ini bisa disampaikan dalam sejumlah forum yang peduli pada lingkungan.

Tema tersebut dirasa cocok dengan isu yang tengah merebak saat ini, di mana kondisi udara di Jakarta menjadi sangat tercemar. Melansir dari situs IQAir, Senin (4/9/2023), indeks kualitas udara di ibu kota Indonesia tersebut saat ini mencapai 120 dengan polutan utamanya berupa PM 2.5.

Hal ini tentu akan menimbulkan masalah serius bagi kesehatan penduduknya. Oleh sebab itu, disampaikannya pidato ini diharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya polusi udara beserta solusinya.

Adapun deretan contoh pidato tentang polusi udara yang patut untuk disimak adalah sebagai berikut.

Contoh Pidato tentang Polusi Udara

1. Contoh pertama

Selamat pagi, hadirin yang terhormat.

Sebelum saya menyampaikan pidato ini, saya ingin mengajak semua hadirin untuk memanjatkan rasa Puji Syukur kepada Tuhan karena berkat dan penyertaan-Nya kita bisa berkumpul di tempat ini. Para hadirin sekalian, pada kesempatan yang baik kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato tentang polusi.

Tentu saja kita sudah tidak asing lagi bukan ketika mendengar kata Polusi? Apa itu polusi? Polusi merupakan keadaan yang tidak ramah terhadap kesehatan tubuh manusia atau untuk makhluk hidup lainnya. Polusi sendiri terdiri dari berbagai jenis macam mulai dari polusi udara, polusi air, polusi tanah, hingga polusi suara. Polusi ini selain bisa membahayakan alam juga bisa membahayakan kesehatan manusia dan membahayakan makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu mulai sekarang kita harus memberikan perhatian lebih terhadap lingkungan kita sehingga polusi tidak terus meningkat tiap tahunnya.

Kita sebagai masyarakat yang mencintai lingkungan harus berupaya untuk mencegah terjadinya polusi karena polusi ini sangat merugikan bagi lingkungan dan juga bagi kehidupan makhluk hidup. Beberapa hal kecil yang bisa kita lakukan untuk mengurangi polusi udara adalah dengan hemat energi, menghindari membakar sampah sembarangan, hindari membuang sampah sembarangan, menanam tanaman anti polutan, dan masih banyak lagi hal kecil yang bisa kita lakukan.

Para hadirin sekalian, di kesempatan yang baik kali ini saya ingin mengajak anda semua untuk menjaga kondisi lingkungan kita dengan baik. Mulailah dari hal kecil dan lakukan secara rutin setiap harinya sehingga kita bisa mengurangi polusi di Indonesia.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, saya berharap pidato saya mengenai polusi bisa berguna bagi kita semua dan dapat mengunggah anda untuk melakukan gerakan-gerakan kecil guna mencegah polusi.

Sekian, terima kasih atas perhatian Anda.

2. Contoh kedua

Selamat malam,


Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru, dan teman-teman yang saya cintai. Mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT. Atas rahmat dan hidayahNya kita dapat berkumpul disini dengan keadaan sehat walafiat.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang pencemaran lingkungan terkhusus pada udara di bumi kita. Pencemaran udara yang terjadi akhir-akhir ini sungguh sangat mengkhawatirkan.

Polusi udara yang diakibatkan gas buang kendaraan bermotor, asap-asap pembakaran sampah, asap-asap limbah perusahaan dan gas buang AC merupakan penyumbang pencemaran udara terbesar. Pencemaran ini kebanyakan diakibatkan karena pengaruh negatif teknologi.

Akibat dari pencemaran ini pastinya banyak penyakit-penyakit baru yang dikarenakan bahan-bahan kimia yang terdapat pada alat teknologi tersebut. Cara menanggulanginya sangatlah mudah, yaitu dengan mengurangi penggunaan teknologi yang mengeluarkan gas-gas buang yang di dalamnya terdapat zat-zat kimia yang banyak pengaruh negatifnya.

Lebih baik kita menggunakan alat-alat tradisional dan alat-alat teknologi yang tidak terlalu atau tidak sama sekali ada zat-zat kimianya, karena pencemaran tanah juga sudah banyak terjadi di sekitar kita.

Sampah plastik dan limbah industri menjadi penyumbang terbesar dalam pencemaran tanah. Bakteri yang terdapat dalam sampah dan limbah industri membuat tanah menjadi tidak bisa ditanami atau tanaman tidak bisa tumbuh subur. Bila hal ini tidak ditanggulangi secara cepat maka akan berpengaruh pada produksi pertanian.

Untuk itu kita harus melakukan upaya penanggulangan bahaya pencemaran tanah dengan tepat. Kita harus membiasakan membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah yaitu, sampah organik, sampah anorganik, dan sampah bahan berbahaya dan beracun (B3). Mari kita lakukan apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan sekitar kita tetap bersih.

Sekian dari saya, terima kasih atas perhatiannya.

3. Contoh ketiga

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tak lupa kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkat Rahmat-Nya kita dapat berkumpul di pagi ini.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan mengenai pencemaran udara yang akhir-akhir ini sangat meresahkan bumi kita. -pencemaran udara terjadi akibat adanya polusi dari gas buang kendaraan bermotor, asap-asap pembakaran sampah, asap-asap limbah perusahaan, dan gas buang AC. Beberapa polusi tersebut merupakan penyumbang terbesar pencemaran udara.

Udara yang tercemar akan mengakibatkan berbagai macam penyakit yang bermunculan karena adanya bahan-bahan kimia yang terdapat pada alat teknologi. Cara menanggulangi dan mengurangi pencemaran udara sangatlah mudah, yaitu dengan cara mengurangi penggunaan teknologi yang mengeluarkan gas-gas buang/asap yang di dalamnya terdapat bahan-bahan/zat-zat kimia yang banyak pengaruh negatifnya.

Alangkah baiknya jika kita menggunakan alat-alat tradisional saja di kehidupan sehari-hari untuk mengurangi pencemaran udara.

Mari saling bekerja sama untuk keselamatan bumi kita. Demikianlah yang ingin saya sampaikan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

4. Contoh keempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu guru, dan teman-teman yang saya sayangi.

Mari kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya, kita bisa berkumpul di pagi yang cerah ini.

Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan pidato tentang pencemaran udara di bumi kita.

Saat ini, gas buang kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah, dan asap limbah perusahaan adalah penyumbang terbesar polusi udara.

Akibat dari pencemaran ini, banyak penyakit-penyakit baru bermunculan.

Cara menanggulanginya adalah dengan mengurangi penggunaan teknologi yang mengeluarkan gas yang mengandung zat-zat kimia berbahaya.

Selain itu, kita juga wajib membiasakan membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenisnya.

Ini dilakukan agar lingkungan sekitar kita tetap bersih.

Sekian dari saya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

5. Contoh kelima

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Hari ini, saya ingin berbicara tentang masalah polusi udara yang semakin memburuk di Indonesia. Polusi udara telah menjadi masalah serius yang mengancam kesehatan dan kualitas hidup kita semua. Kita harus menyadari bahwa dampak dari polusi udara ini tidak hanya berdampak pada manusia, tetapi juga pada lingkungan dan ekosistem.

Pertama-tama, mari kita pahami apa yang dimaksud dengan polusi udara. Polusi udara terjadi ketika substansi berbahaya seperti partikel padat, gas, dan zat kimia lainnya tercampur dalam udara yang kita hirup setiap hari. Sumber polusi udara ini bervariasi, mulai dari kendaraan bermotor, pabrik, pembakaran sampah, hingga kebakaran hutan.

Dampak polusi udara terhadap kesehatan manusia sangat serius. Partikel-partikel berbahaya yang terhirup dapat masuk ke dalam paru-paru dan menyebabkan berbagai masalah pernapasan, seperti asma, bronkitis, dan bahkan kanker paru-paru. Selain itu, polusi udara juga dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular kita, meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Tidak hanya manusia yang terkena dampaknya, tetapi juga lingkungan dan ekosistem. Polusi udara dapat merusak tanaman dan hewan, mengganggu siklus makanan dan mengurangi keanekaragaman hayati. Selain itu, polusi udara juga berkontribusi pada perubahan iklim global, dengan emisi gas rumah kaca yang dilepaskan oleh pabrik dan kendaraan bermotor.

Untuk mengatasi masalah polusi udara ini, kita perlu melakukan tindakan yang tegas dan terkoordinasi. Pertama, pemerintah harus mengimplementasikan kebijakan yang mengurangi emisi polutan dari sumber utama seperti industri dan transportasi. Ini dapat dilakukan dengan mendorong penggunaan energi terbarukan, meningkatkan standar emisi kendaraan, dan membatasi kegiatan industri yang mencemari udara.

Selain itu, kita sebagai individu juga harus berperan aktif dalam mengurangi polusi udara. Kita dapat menggunakan transportasi umum atau berkendara bersama dengan orang lain untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalan. Kita juga harus mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan beralih ke energi bersih seperti listrik. Selain itu, mendaur ulang dan membuang sampah dengan benar juga dapat membantu mengurangi polusi udara.

Hadirin sekalian,

Polusi udara adalah masalah yang kompleks dan memerlukan kerja sama dari semua pihak untuk mengatasinya. Kita harus menyadari bahwa kualitas udara yang bersih adalah hak kita sebagai manusia dan juga hak generasi mendatang. Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk menjaga lingkungan kita dan mengurangi polusi udara agar kita dapat hidup dalam udara yang sehat dan segar.

Terima kasih.

Demikian lima contoh pidato tentang polusi udara. Semoga bermanfaat.

Topik Menarik