Hukum Tajwid Surat Al Humazah Ayat 1-9: Arab, Latin, dan Artinya Lengkap Cara Bacanya

Hukum Tajwid Surat Al Humazah Ayat 1-9: Arab, Latin, dan Artinya Lengkap Cara Bacanya

Nasional | BuddyKu | Minggu, 13 Agustus 2023 - 20:08
share

JAKARTA, iNews.id - Hukum tajwid Surat Al Humazah ayat 1-9 penting untuk muslim ketahui agar tidak salah ketika membacanya.

Membaca Alquran dengan tajwid merupakan keharusan bagi tiap muslim. Tajwid secara bahasa artinya membaguskan. Sedangkan secara istilah, tajwid adalah mengeluarkan setiap huruf dari tempat keluarnya dengan memberi hak dan mustahaknya.

Hukum mempelajari Ilmu Tajwid secara teori adalah fardhu kifayah. Adapun hukum membaca Alquran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid adalah fardhu \'ain.

Dalam artikel ini, akan dibahas hukum tajwid Surat Al Humazah ayat 1-9. Al Humazah artinya pengumpat. Surat ini berjumlah 9 ayat diturunkan di Makkah. Karena itu, Surat Al Humazah dikelompokkan dalam Surat Makkiyah. Berikut bacaan surat Al Humazah 1-9:

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)

Artinya: Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya dan mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya, sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Hutamah. Dan tahukan kamu apakah Hutamah itu? (Yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka, (sedangkan mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang . (QS. Al Humazah: 1-9)

Dalam surat Al Humazah ayat 1-9 ini terdapat banyak hukum tajwid di antaranya Alif Lam Qomariah, Alif lam Syamsiah, Mad Thabi\'i, Mad Jaiz Munfashil, Mad Shilah Qasirah, Qalqalah Sughra, Idgham Bighunnah, Ghunnah. Berikut ulasan lengkapnya:

Hukum Tajwid Surat Al Humazah Ayat 1-9

Ayat 1:

Latin: Wailul likulli humazatil-lumazah(tin).
Artinya: Celakalah setiap pengumpat lagi pencela

: Hukum tajwidnya Mad layin, karena ada huruf Ya sukun jatuh setelah wawu berharakat fatkhah. Cara bacanya lunak dan lemas dan dipanjangkan 2 harakat.
: Hukum tajwidnya Idgham bilaghunnah, karena huruf Za berharakat kasrahtain bertemu huruf lam. Cara bacanya masuk dengan tidak dengung.

Ayat 2:

Latin: Alla jamaa mlaw wa addadah().
Artinya: yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya.

: Hukum tajwidnya ada 2. Pertama, Alif lam Syamsiah karena huruf lam bertemu lam. Cara bacanya masuk ke huruf lam. Kedua, Mad Thabi;i karena huruf Dzal berharakat kasrah bertemu Ya sukun. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.
: Hukum tajwidnya Idgham bighunnah, karena huruf Lam berharakat fathatain bertemu wawu. Cara bacanya masuk dengan mendengung.

Ayat 3:

Latin: Yasabu anna mlah akhladah().
Artinya: Dia (manusia) mengira bahwa hartanya dapat mengekalkannya.

: Hukum tajwidnya Ghunnah musyaddah, karena huruf nun bertasydid. Cara membacanya samar dan mendengung serta ditahan 3 harakat.
: Hukum tajwidnya ada 2. Pertama, mad Thabi\'i karena huruf mim fathah bertemu alif. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat. Kedua, Mad shilah tawilah karena Ha dhamir bertemu hamzah. Cara bacanya dipanjang 5 harakat.

Ayat 4:

Latin: Kall layumbaanna fil-uamah(ti).
artinya: Sekali-kali tidak! Pasti dia akan dilemparkan ke dalam (neraka) Hutamah.

: Hukum tajwidnya Mad Thabii karena huruf lam bertemu alif. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.

: Hukum tajwidnya ada 2. Pertama, Iqlab karena ada nun mati bertemu dengan ba. Cara bacanya dengung membentuk huruf mim. Kedua, Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun bertasydid. Cara bacanya dengung dan disamarkan serta ditahan 3 harakat.
: Hukum tajwidnya Alif Lam qomariah, karena huruf lam bertemu ha. Cara bacanya terang dan jelas.

Ayat 5:

Latin: Wa m adrka mal-uamah(tu).
Artinya: Tahukah kamu apakah (neraka) Hutamah?

: Hukum tajwidnya Mad jaiz Munfashil, karena ada huruf mad bertemu huruf hamzah di lain kalimat. Cara bacanya panjang 2, 4, atau 6 harakat.

: Hukum tajwidnya ada 2. Pertama, Qolqolah sughro karena ada huruf dal sukun di tengah kalimat. Cara bacanya dipantulkan ringan. Kedua, Mad Thabi\'i karena huruf Ra berharakat fathah tegak. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.
: Hukum tajwidnya Alif Lam qomariah, karena ada huruf lam bertemu mim. Cara bacanya jelas.

Ayat 6:

Latin: Nrullhil-mqadah(tu).
(Ia adalah) api (azab) Allah yang dinyalakan

: Hukum tajwidnya Mad Thabi;i karena huruf Nun berharakat fathah berrtemu alif. cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.
: Hukum tajwidnya tafkhim, karena lam jalalah berharakat dhomah. Cara bacanya ditebalkan.

:Hukum tajwidnya ada 3. Pertama, Alif lam qomariah, karena ada huruf lam bertemu mim. Cara bacanya jelas. Kedua, mad Thabi;i karena mim berharakat dhummah berrtemu wawu sukun. cara bacanya dipanjangkan 2 harakat. Ketiga, Ta Marbutoh. Cara bacanya dibaca ha karena diwaqafkan.

Ayat 7:

Latin: Allat taaliu alal-af\'idah(ti).
Artinya: yang (membakar) naik sampai ke hati.

: hukum tajwidnya ada 2. Pertama, Alif Lam Syamsiah karena huruf Lam bertemu Lam. Cara bacanya masuk tanpa dengung. Kedua, mad Thabi;i karena huruf Ta kasrah bertemu ya sukun. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.
: Hukum tajwidnya ada 2. Pertama, Alif Lam Qomariah, karena huruf Lam bertemu alif. Cara bacanya jelas. Kedua, ta Marbuthah. Cara bacanya dibaca ta dibaca Ha karena diwaqafkan.

Ayat 8:

Latin: Innah alaihim mu\'adah(tun).
Artinya: Sesungguhnya dia (api itu) tertutup rapat (sebagai hukuman) atas mereka.

: Hukum tajwidnya ada 2. Pertama, Ghunnah musyaddah, karena ada huruf nun bertasydid. Cara bacanya dengan denngung dan disamarkan serta ditahan 3 harakat. Kedua, Ma Thabi\'i karena huruf Ha bertemu alif. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.

: Hukum tajwidnya ada 2. Pertama, Mad layin, karena ya sukun didahului lam berharakat fathah. Cara bacanya lunak dan dipanjangkan 2 harakat. Kedua, Idgham mimi/mutamasilain, karena ada huruf mim mati bertemu dengan huruf mim hidup. Cara bacanya didengungkan selama 3 harakat.

Ayat 9:

: Hukum tajwidnya Mad Thabi\'i karena huruf Fa kasrah bertemu Ya sukun. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.
: Hukum tajwidnya ada 3. Pertama, Idgham bighunnah, karena Dal berharakat fathahtain bertemu huruf mim. Cara bacanya masuk dengan dengung. Ketiga, Ta Marbutah. cara bacanya huruf Ta dibaca ha karena diwaqafkan.

Demikian ulasan hukum tajwid Surat Al Humazah ayat 1-9 lengkap dengan cara baca dan penjelasan rinci.

Wallahu A\'lam

Topik Menarik