Mengenal Desa Buluh Duri di Serdang Bedagai, Wajib Coba Wisata Uji Nyali yang Bikin Penasaran

Mengenal Desa Buluh Duri di Serdang Bedagai, Wajib Coba Wisata Uji Nyali yang Bikin Penasaran

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 17 Maret 2023 - 18:05
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak desa unik di berbagai daerah di Indonesia yang memiliki daya tarik menakjubkan. Salah satunya jika singgah ke Sumatera Utara, di sini ada satu desa unik yang harus dijelajahi.

Tempat tersebut bernama Desa Buluh Duri. Desa ini memiliki potensi alam yang menjadi daya tarik wisatawan ketika berkunjung ke Desa Buluh Duri. Terletak di Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara.

Perlu diketahui, Sipisis merupakan satu dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Secara geografis, kecamatan ini terletak di dataran tinggi, dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Simalungun. Daerah perbatasan antara Sipispis dengan Simalungun ditandai dengan bukit dengan nama unik, yaitu Simbolon II. Bukit ini masuk dalam wilayah hutan lindung dan berada di Desa Meriah Nagur.

Penasaran dengan desa unik tersebut? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (17/3/2023).

Desa Unik Buluh Duri

Desa Buluh Duri merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kabupaten Serdang Bedagai, tepatnya di Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Desa ini memiliki luas wilayah kurang lebih 1.906,11 hektare dan terdiri atas tujuh dusun. Untuk menuju ke Desa Wisata Buluh Duri, diperlukan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dengan kendaraan roda 4.

Desa ini berada di Kecamatan Sipisis, penduduk sebagian besar adalah orang Simalungun, yang bermata pencaharian sebagai petani kebun, dengan tanaman keras seperti kelapa sawit dan karet. Di mana perkebunan sawit lebih mendominasi jika dibandingkan dengan perkebunan lainnya. Salah satu potensi alam yang dimanfaatkan oleh masyarakat setempat adalah Aliran Sungai Bahbolon, dijadikan wisata dan olahraga arung jeram. Cocok bagi Anda yang suka wisata uji nyali. Bahkan, Desa Buluh Duri, pada tahun 2022 berhasil masuk dalam 50 desa wisata terbaik nasional. Desa Buluh Duri meraih 2 penghargaan sekaligus pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Desa Bulih berhasil menjadi juara sebagai Desa Wisata Terfavorit serta runner-up Desa Wisata kategori Digital dan Kreatif.

Keindahan Sungai Bah Bolon

Desa unik ini juga memiliki Sungai Bah Bolon yang eksotis. Di kecamatan ini terdapat gunung yang dinamakan Gunung Simbolon II serta sungai besar dan kecil yang paling terkenal, Sungai Bah Bolon dan Sungai Padang yang terletak menjadi satu dengan nama Sungai Padang. Sungai Padang berhulu di Kabupaten Simalungun dan bermuara di Selat Sumatera setelah melalui Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Bandar Khalifah.

Sungai Bah Bolon inilah yang mengalir di sepanjang sisi Desa Buluh Duri dan dianggap sebagai satu-satunya potensi alam yang dimiliki oleh Desa Buluh Duri.

Secara tradisional, sungai Bah Bolon dimanfaatkan sebagai sumber air dan juga sumber Tambang Bahan Galian C (pasir dan batu kali). Saat ini dua sungai tersebut sedang dikembangkan sebagai tempat wisata.

Bagaimana, penasaran ingin menjelajahi desa unik di Sumatera Utara ini?

Topik Menarik