5 Lokasi di Muka Bumi yang Dikaitkan dengan Kiamat, Ada Tempat Munculnya Dajjal

5 Lokasi di Muka Bumi yang Dikaitkan dengan Kiamat, Ada Tempat Munculnya Dajjal

Nasional | BuddyKu | Rabu, 22 Februari 2023 - 09:36
share

ADA 5 lokasi di muka bumi yang dikaitkan dengan kiamat . Hari akhir atau kiamat pasti terjadi dan umat Islam wajib mengimaninya karena bagian dari Rukun Iman yang kelima.

Terkait kapan pastinya hari kiamat tiba, tidak ada seorang pun yang mengetahui. Namun, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam telah memperingatkan umat manusia, misalnya di lima lokasi di muka bumi.

Lima tempat ini dikait-kaitkan dengan tanda-tanda datangnya hari kiamat . Bahkan, dijelaskan pula dalam Alquran dan hadits. Berikut penjelasannya, seperti telah Okezone himpun.

Info grafis kejadian besar sebelum kiamat. (Foto: Okezone)

1. Danau Tiberias

Danau Tiberias terletak dekat Dataran Tinggi Golan. Ini adalah danau air tawar terbesar di Israel. Jika air danau ini surut, disebut-sebut sebagai tanda-tanda kiamat sudah dekat.

Air Danau Tiberias menyusut bukan karena adanya kemarau. Tapi airnya habis lantaran nanti akan diminum oleh pasukan Ya\'juj dan Ma\'juj, yakni makhluk akhir zaman yang akan memorak-porandakan isi bumi.

Dari An-Nuwas, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Kemudian Allah Subhanahu wa Ta\'ala mengeluarkan Ya\'juj dan Majuj. Mereka turun dengan cepat dari bukit-bukit yang tinggi. Setelah itu gerombolan atau barisan pertama dari mereka melewati Danau Thabariyah dan meminum habis semua air dalam danau tersebut." (HR Muslim, At-Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah)

2. Arab Saudi

Arab Saudi juga disebut-sebut sebagai lokasi di bumi yang dikaitkan dengan kiamat. Salah satu tandanya adalah kawasan gurun yang gersang di sana kelak akan menghijau, ditumbuhi banyak tanaman, sehingga menjadi sejuk.

Nah, beberapa waktu lalu pun kawasan Padang Arafah berubah menjadi perbukitan hijau nan asri. Sebagian menduga ini sebagai salah satu tanda kiamat sudah dekat.

Sementara Padang Arafah adalah tempat tujuan akhir bagi jamaah haji. Sebab, puncak haji wukuf di Arafah adalah salah satu syarat sahnya seseorang berhaji. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Haji itu adalah Arafah." (HR At-Tirmidzi nomor 889, An-Nasa\'i: 3016, dan Ibnu Majah: 3015. Dihukumi shahih oleh Syekh Al Albani)

Kemudian menghijaunya tanah Arab sebagai salah satu tanda kiamat diriwayatkan oleh banyak Imam, di antaranya adalah Imam Muslim, Imam Ibnu Hibban, Imam Ahmad, dan Imam Al Hakim:

"Kiamat tidak akan terjadi sampai harta menjadi banyak, hingga seseorang keluar membawa zakat lalu tidak menemukan orang yang sah untuk menerimanya, dan sampai bumi Arab kembali menjadi tanah lapang penuh tumbuhan dan sungai-sungai mengalir." (HR Muslim, lihat kitab Shahih Muslim)

3. Iran

Kemunculan Dajjal juga jadi salah satu tanda kiamat yang jelas akan terjadi. Salah satu tempat yang diyakini akan keluarnya makhluk bermata satu itu yakni di Iran dan tertuang dalam hadits, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Kalau dia muncul sementara aku masih hidup di tengah kalian, aku yang menghadapinya. Tapi kalau dia muncul setelah aku meninggal, ketahuilah bahwa Tuhan kalian tidaklah buta mata sebelah kirinya. Dajjal itu akan muncul dari kalangan kaum Yahudi Ashfahaan, hingga dia mendatangi Kota Madinah, lalu dia berhenti di luarnya. Saat itu Madinah punya tujuh pintu. Pada setiap jalan ada dua malaikat yang menjaga. Kemudian para penduduknya yang jahat akan keluar, bergabung dengannya (Dajjal), hingga dia tiba di Syam, di daerah bernama Baab Ludd. Kemudian Isa bin Maryam turun dan membunuh Dajjal. Isa akan hidup di bumi selama empat puluh tahun, menjadi seorang pemimpin dan imam yang adil." (HR Ahmad)

4. Khurasan

Kemunculan Dajjal juga diyakini akan muncul di Khurasan yakni daerah bagian timur. Nantinya ia akan diikuti oleh sejumlah kelompok yang wajahnya bak perisai. Sebagaimana Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Dajjal akan keluar dari daerah timur yang bernama Khurasan. Dia akan diikuti oleh orang-orang yang berwajah seperti perisai." (HR Tirmidzi, Ahmad, dan Hakim)

5. Antara Syam dan Irak

Dilansir laman Rumaysho , kemunculan Dajjal selanjutnya adalah jalan antara Syam dan Irak. Nantinya Dajjal akan melakukan kerusakan di wilayah tersebut, sebagaimana dalam riwayat hadits, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Dajjal itu keluar dari bumi sebelah timur yang disebut Khurasan. Dajjal akan diikuti oleh kaum yang wajah mereka seperti tameng yang dilapisi kulit." (HR Tirmidzi nomor 2337 dan Ibnu Majah: 4072. Syekh Al Albani mengatakan hadits ini shahih)

Wallahu a\'lam bisshawab .

Topik Menarik