Mengintip Keindahan Pulau Sabu Raijua yang Ekostis seperti Surga Tersembunyi dari NTT

Mengintip Keindahan Pulau Sabu Raijua yang Ekostis seperti Surga Tersembunyi dari NTT

Nasional | BuddyKu | Sabtu, 7 Januari 2023 - 17:50
share

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan alam Pulau Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) selalu menarik untuk dijelajahi. Mungkin sebagian besar dari wisawatan sudah tak asing lagi dengan berbagai wisata yang ada di NTT.

Negeri yang ada di timur Indonesia ini memiliki Danau Kelimutu, Pulau Komodo, Pulau Padar, atau mungkin Desa Wae Rebo. Di antara wisata populer yang indah itu, terselip pulau yang tak kalah memesona, bernama Pulau Raijua, di Kabupaten Sabu Raijua.

Pulau ini terletak di sebelah barat daya Pulau Sawu. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ingin tahu seperti apa keindahan Pulau Sabu Raijua di NTT? Berikut ulasannya dirangkum Sabtu (7/1/2023).

Keindahan Pulau Sabu Raijua

Pulau Sabu atau Rai Hawu adalah bagian dari NTT, dan merupakan pulau terpencil dengan luas 460,78 km persegi dengan penduduk sekitar 30.000 jiwa. Kehidupan warga di Sabu utamanya tergantung dari lahan pertanian kering, beternak, menangkap ikan, kerajinan, berdagang, serta membuat gula Sabu dari nira lontar.

Meskipun tak sepopuler atraksi wisata lain di pulau NTT, Pulau Sabu atau Pulau Raijua juga layak untuk dikunjungi terutama bagi Anda para pencinta petualangan. Mengunjungi pulau dengan pasir putih yang halus akan membuat siapa saja betah. Sepanjang jalan Anda akan disuguhi pemandangan deburan ombak yang menggulung tak ada jemu. Pulau ini bagaikan harta karun tersembunyi.

Pulau tersembunyi

Pulau Sabu Raijua memang layaknya surga tersembunyi. Tak banyak turis yang datang berkunjung di pulau satu ini, sehingga bagi Anda yang tengah mencari pemandangan pantai yang memesona dan penuh ketenangan, Pulau Sabu merupakan tempat yang ideal untuk hal tersebut. Salah satunya adalah pantai Madjala, tak hanya menawarkan pantai pasir putihnya yang landai dan masih alami. Tak jauh dari kawasan tersebut wisatawan dapat menemukan bongkahan batuan cadas yang membuat formasi indah di tepi pantai.

Air lautnya berwarna biru dan tosca yang sangat bersih dan belum tercemar sama sekali. Kondisi jalanan di pulau ini sebagian memang sudah beraspal, tetapi juga masih ditemukan jalanan bebatuan dan tanah di beberapa tempat yang letaknya tak jauh dari tepi pantai.

Akses Menuju Pulau Raijua

Jika Anda dari Jakarta, mungkin akan memakan waktu yang terbilang lumayan panjang. Dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta Bandara El Tari, Kupang dengan waktu tempuh selama 3 jam. Dari bandara El Tari, Kupang Anda perlu naik pesawat kecil menuju bandara Tardamu Sabu. Selanjutnya, dari pulau Sabu wisatawan dapat datang langsung menyebrang dari pelabuhan kota Seba menuju Pulau Raijua menggunakan perahu nelayan.

Sayangnya di pulau ini transportasi umum sangat sulit untuk ditemukan bahkan hampir tidak ada atau tidak tersedia. Wisatawan perlu memikirkan solusi untuk berkeliling pulau tersebut, yang mungkin salah satunya adalah menyewa kendaraan roda dua milik penduduk setempat.

Topik Menarik