Masjid Istiqlal Rancangan Friedrich Silaban, Berikut Story dan 5 Karyanya

Masjid Istiqlal Rancangan Friedrich Silaban, Berikut Story dan 5 Karyanya

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 21 Oktober 2022 - 19:20
share
Friedrich Silaban ialah seorang arsitek pada generasi awal di Tanah Air, Pria kelahiran Dolok Sanggul, Humbahas, Sumatera Utara 16 Desember 1912, dan wafat pada 14 Mei 1984, anak kelima dari Bapak Jonas Silaban dan Ibu Noria boru Simamora yang beragama Kristen Protestan. Almarhum Friedrich Silaban ialah lulusan (Sekolah Teknik Menengah) STM.

Karyanya yang paling terkenal ialah Masjid Istiqlal, karena itu nama Friedrich Silaban menjadi popular. Cerita awal seorang Friedrich Silaban yang menjadi arsitek masjid istiqlal, bermula pada acara sayembara membuat desain maket tahun 1995. Pada saat itu presiden Soekarno menjadi ketua Dewan Juri acara Sayembara dan terdapat 22 orang yang lolos dari 33 arsitek.

Pada saat pemenang sayembara diumumkan, nama Friedrich Silaban disebut sebagai pemenangnya. Kala itu Presiden Soekarno memberi nama pada karya Friedrich Silaban dengan judul Ketuhanan sebagai By the grace of god

Sebelum Friedrich Silaban mengikuti sayembara, ia sempat menghadapi perlawanan batin, lantaran Friedrich Silaban seorang Kristen Protestan, memiliki aliran darah Batak dan ayahnya seorang Pendeta. saat sayembara dimulai Friedrich sempat berdoa memohon izin atas niatnya untuk merancang sebuah masjid.

Tuhan, kalau di mata-Mu saya salah merancang masjid, maka jatuhkanlah saya, buatlah saya sakit supaya saya gagal. Tapi jika di mata-Mu saya benar, maka menangkanlah saya, ujar Silaban, menirukan doa yang diucap ayahnya, melansir Historia.id

Namun pada di tengah proses menggambar, Friedrich alami sakit dan dia menggunakan papan gambar dengan posisi terbaik agar bisa lanjut merancang di tempat tidur. Dan pemenang dalam sayembara Masjid Istiqlal itu ialah Friedrich Silaban .

Lalu apa saja karya yang telah dibuat oleh Friedrich Silaban?

1. Monumen Nasional (Monas)

Friedrich Silaban berhasil memenangkan perlombaan merancang Tugu Nasional, perlombaan ini diadakan dua kali agar mendapatkan hasil yang terbaik dan awalnya tugu nasional ini memiliki bentuk yang lebih besar dari ukuran monas yang sekarang. Pada akhirnya Friedrich Silaban tetap menjadi pemenangnya. Dan monas dibangun pada 17 Agustus 1961.

2. Masjid Istiqlal

Friedrich Silaban memenangkan sayembara dalam merancang masjid istiqlal karena memenangkan kompetisi Masjid Nasional, dan ini salah satu bangunan terbaik yang pernah dirancang oleh Friedrich Silaban.

3. Gedung Bank Indonesia

Mulanya rancangan ini karena menjadi tempat kedua bank sentral, Gedung Bank Indonesia dibangun pada tahun 1961, dan pada saat itu sempat menjadi Gedung tertinggi di daerah Thamrin.

4. Gedung Bentol

Dengan desain yang unik dan dijadikan sebagai tempat semedi atau mencari inspirasi Presiden Soekarno. Gedung ini dinamakan Bentol lantaran pada tembok luar bangunan nya dipenuhi oleh bentol-bentol yang terbuat dari semen. Gedung Bentol berlokasikan di Istana Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Pada bangunan ini Friedrich Silaban tidak merancang banguanan sendiri tetapi Bersama Sudarsono.

5. Stadion Gelora Bung Karno

Pada saat akan diadakan acara Asian Games IV, Indonesia dipilih oleh Asian Games Federation sebagai tuan rumah, tetapi harus ada syarat minimum yang harus dipenuhi, dan Soekarno menjawab tantangan tersebut dengan menerbitkan Keppres No 113/1959 pada (11/05/1959) dan Friedrich Silaban adalah sang arsitek pada pembangunan Stadion Gelora Bung Karno.

BINT#4

Topik Menarik