Polda Jateng Pastikan Keamanan Presiden Prabowo dan Para Menteri Saat di Magelang

Polda Jateng Pastikan Keamanan Presiden Prabowo dan Para Menteri Saat di Magelang

Terkini | muria.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 19:20
share

MAGELANG, iNewsMuria.id – Polda Jateng pastikan keamanan Presiden RI Prabowo Subianto dan jajaran Menteri Kabinet Merah Putih selama kunjungan kerja di Akademi Militer (Akmil) Magelang, 24-27 Oktober 2024.

"Pengamanan difokuskan pada jalur yang akan dilalui rombongan Presiden RI dari Yogyakarta menuju Akademi Militer Magelang,” jelas Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Sony Irawan, Kamis (24/10/2024).

Dalam pengarahan ke seluruh personel, Dirlantas Polda Jateng mengatakan, pastikan kelancaran pada jalur yang dilalui Presiden RI. Personel menempati sejumlah titik dan persimpangan yang berpotensi timbul kemacetan.

Ditambahkan Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Artanto, ada sejumlah strategi pengamanan yang dilaksanakan kepolisian. Seperti penyisiran dan sterilisasi lokasi yang akan dikunjungi Presiden RI.

"Sterilisasi libatkan Unit K9 dari Polda Jateng dan Polres Magelang Kota, untuk memastikan lokasi yang akan dikunjungi benar-benar aman dari segala bentuk ancaman dan gangguan," jelas Kombes Pol Artanto.

Selain itu lanjutnya, dilaksanakan juga patroli gabungan TNI-Polri selama 24 jam dilakukan di seluruh wilayah Kota Magelang. Untuk mencegah potensi gangguan keamanan selama kunjungan berlangsung. 

 Patroli ini juga bentuk sinergi TNI Polri dalam memastikan kunjungan Presiden Prabowo dan para menteri di Magelang berlangsung dengan aman," kata Kabid Humas Polda Jateng.

Tak hanya itu, Polda Jateng juga melibatkan personel Sat Brimob sebagai satuan pemukul kontijensi. Dilengkapi dengan kendaraan taktis untuk mempertebal satuan Raimas Sabhara yang berperan sebagai satuan pemukul preemtif.

Kemudian, lanjut Kabid Humas Polda Jateng, untuk mendukung kegiatan kunjungan Presiden Prabowo Subianto dan para Menteri Kabinet Merah Putih, didirikan 9 pos pengamanan di sejumlah titik strategis di Kota Magelang. 

Yakni di Simpang Bayeman, Depan Akmil, Depan Borobudur Golf, Simpang Jagoan, Simpang Trio, Pakelan, Simpang Jagoan Bawah dan Kebonpolo. Seluruh pospam tersebut menginduk pada Pos Komando Induk di Mako Polres Magelang Kota.

"Pos pengamanan untuk memantau situasi secara langsung dan memberikan respons cepat terhadap situasi yang berkembang selama kunjungan Presiden," jelas Kombes Pol Artanto. (*)

Topik Menarik