KPU Grobogan Sosialisasi Pilkada 2024 Dengan Menyasar Pemilih Pemula di SMA Muhammadiyah

KPU Grobogan Sosialisasi Pilkada 2024 Dengan Menyasar Pemilih Pemula di SMA Muhammadiyah

Berita Utama | muria.inews.id | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 15:05
share

GROBOGAN, iNewsMuria.id - Upaya peningkatan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan Pemilihan 2024 terus dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan gencar menggelar sosialisasi, terutama menyasar para pemilih pemula.

Salah satu kegiatan sosialisasi untuk pemilih pemula, adalah KPU Goes to School yang menyasar para pelajar yang telah mempunyai hak pilih dan sudah terdaftar sebagai pemilih sehingga di pelaksanaan Pilkada 2024 bisa memberikan suaranya.

Komisioner KPU Grobogan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Ngatiman, menjelaskan pentingnya memberikan suara dalam Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Bupati pada 27 November 2024.

"Kegiatan KPU Goes to School kita laksanakan di aula SMA Muhammadiyah Purwodadi, pada Kamis 3 Oktober 2024. Audiensnya para pelajar sekolah tersebut," jelas Komisioner KPU Ngatiman, Jumat (4/10/2024).

Selaku narasumber dalam kegiatan itu, Ngatiman menyampailkan materi dengan kemasan yang mudah dipahami para pelajar yang merupakan para pemilih pemula dalam kegiatan Pilkada serentak 2024.

"Setiap Warga Negara Indonesia punya hak untuk memilih. Namun tidak semua mendapatkan hak pilihnya pada Pilgub dan Pilbup 2024 yang akan digelar 27 November 2024. Hanya mereka yang sudah berusia 17 tahun ke atas atau mempunyai KTP,” ujar Ngatiman.

Mereka yang telah berusia 17 tahun dikategorikan sebagai  pemilih pemula. Untuk itu, KPU Grobogan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tingkat SMA, SMK, dan MA untuk memberikan penjelasan terkait Pilkada Serentak di mana pemungutan suara digelar pada 27 November 2024.

“Untuk adik-adik semua yang sudah 17 tahun nanti silakan datang ke TPS yang ada di tempat tinggal kalian pada 27 November untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah dan Bupati-Wakil Bupati Grobogan,” ujar Ngatiman.

Menurut Ngatiman dalam Pilkada 2024 ada dua surat suara yang akan diterima pemilih di TPS (tempat pemungutan suara). Yakni surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng dan surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan

Dalam kesempatan itu Ngatiman menyampaikan, para pemilih pemula dapat melakukan cek data di dpt.online.kpu.go.id dan jika belum terdata, maka dapat menghubungi PPK atau PPS di kantor desa setempat atau bahkan bisa datang langsung ke KPU Grobogan.

“Ada 10 sekolah yang akan kita sambangi, kita akan sampaikan tentang pentingnya pemilihan serentak bagi pemilih pemula, sehingga terbangun kesadaran untuk memberikan hak pilihnya pada 27 November 2024," kata Ngatiman.

Menanggapi kegiatan sosialisasi itu, Kepala SMA Muhammadiyah Purwodadi Nanik Ambarwati menyampaikan terima kasih kepada KPU Grobogan. Karena tidak semua sekolah mendapat kesempatan menjadi sasaran sosialisasi pemilih pemula.

"Kegiatan sosialisasi dari KPU Grobogan untuk menggandeng dan mengingatkan pemilih pemula sehingga bisa memberikan pendidikan dan pemahaman politik serta hak dan kewajiban dalam berdemokrasi para siswa," kata Nanik. (*)

Topik Menarik