Kwarda Jateng Raih Prestasi di Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Wanabakti Nasional 2024

Kwarda Jateng Raih Prestasi di Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Wanabakti Nasional 2024

Terkini | muria.inews.id | Senin, 30 September 2024 - 10:50
share

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Kontingen Kwartir Daerah Jawa Tengah yang mengikuti Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Wanabakti Nasional II Tahun 2024 ( Pertikawan) meraih sejumlah prestasi.

“Berhasil meraih Juara I Pentas Seni, dinyatakan sebagai Juara II Fotografi Putra dan Juara III 3 R,” jelas Pembina Pendamping Kontingen Kwartir Daerah Jawa Tengah Kak Agus Winarno, Senin (30/9/2024).

Menurut Agus Winarno yang juga Pamong Saka Wanabakti pangkalan Perum Perhutani KPH Purwodadi, Pertikawan digelar di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur Jakarta mulai 23-29 September 2024.

Adapun juara I Pentas Seni yang diraih Kontingen Kwarda Jateng diraih perwakilan dari Banyumas, kemudian untuk Juara II Fotografi Putra diraih Muhammad Idris Ridho dari Saka Wanabakti Grobogan.

“Jadi kontingen Kwarda Jateng itu dari perwakilan sejumlah daerah, sehingga yang tampil dalam giat prestasi dari perwakilan itu. Namun tetap raihan juara atas nama Kontingen Kwarda Jateng,” ujar Agus Winarno.\


Kontingen Kwarda Jateng yang mengikuti Pertikawan Nasional II 2024 di Cibubur. (Istimewa)

 

Sementara dalam penutupan kegiatan tersebut, dilakukan oleh Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka Kak Alue Dohong didampingi Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kakak Budi Waseso.

Kak Alue Dohong yang juga Wamen Lingkungan Hiduo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pramuka merupakan bagian yang tidak  terpisahkan dari pendidikan karakter bagi anak Bangsa Indonesia

Untuk itu, lanjutnya, sepulang dari Pertikawan ia berpesan agar peserta berperan aktif menjaga hutan dan lingkungan juga berpatisipasi dalam penurunan emisi karbon untuk Indonesia lebih maju.

Pertikawan Nasional Tahun 2024 merupakan pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pandega anggota Satuan Karya Kalpataru dan Wanabakti yang diikuti perutusan dari Kwartir Daerah seluruh Indonesia.

Kegiatan dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kak Siti Nurbaya pada 23 September 2024. Ada sekitar 1600 peserta dengan kegiatan meliputi kegiatan umum, wawasan dan kegiatan prestasi.

“Kwartir Daerah Jawa Tengah mengirimkan peserta sebanyak 88 orang dari Anggota Saka Kalpataru dan Wanabakti dari beberapa Kwartir Cabang di Jawa Tengah,” tambah Agus Winarno. (*)

Topik Menarik