Siap Bela Negara dan Bantu Penanganan Bencana, 66 Anggota Kokam Grobogan Jalani Diklat

Siap Bela Negara dan Bantu Penanganan Bencana, 66 Anggota Kokam Grobogan Jalani Diklat

Terkini | muria.inews.id | Senin, 30 September 2024 - 09:00
share

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Pemuda Muhammadiyah Grobogan sebagai oraganisasi otonom Muhammadiyah menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) anggota Kokam selama tiga hari.

"Kokam adalah salah satu bidang bagian dari Pemuda Muhammadiyah, yang mempunyai program kerja selaras dengan tujuan Pemuda Muhmmadiyah," jelas Ketua Pemuda Muhammadiyah Grobogan Andik Waloyo, Senin (30/9/2024).

Selanjutnya, tambah Andik, guna menjaga dan melatih kemampuan aset Muhammadiyah yakni Kokam (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah) untuk ikut serta dalam bela negara dan membantu penanganan kebencanaan perlu menjalani diklat.

Menurut Komandan Kokam Grobogan Frendi Wijaya, ada 66 anggota Kokam dari seluruh Kabupaten Grobogan yang mengikuti Diklat. Lokasi diklat Kokam di Jatipohon, Grobogan juga SMA Muhammadiyah.

Sejumlah materi pun disampaikan oleh panitia dan instruktur diklat kepada para Kokam yang baru pertama kali menjalani diklat di kepengurusan Andik Waloyo.

"Iya ini baru kali pertama di kepengurusan kami mengadakan diklat anggota Kokam selama tiga hari mulai Minggu 29 September hingga 1 Oktober 2024," ujarnya.

Adapun materi yang diberikan dalam diklat Kokam tersebut, sambung Frendi , antara lain meliputi Kekokaman, leadership/manajemen konflik, bela negara dan bimbingan mental.

Tak hanya dipersiapkan untuk Bela Negara, Kokam yang merupakan aset Muhammadiyah Grobogan tambah Frendi, juga dipersiapkan untuk membantu penanganan bencana.

"Sehingga materinya pun ada navigasi, SAR dan Kebencanaan. Tak hanya itu mereka juga dilatih baris berbaris dan pengetahuan lalu lintas," katanya.

Nantinya setelah menjalani diklat selama tiga hari, menurut Frendi, para anggota Kokam tersebut akan menjalani mini longmarch sebelum dilakukan penutupan diklat.(*)

Topik Menarik