Tak Ingin Karyawan Sakit, Ini Yang Dilakukan Perum Perhutani KPH Purwodadi Grobogan

Tak Ingin Karyawan Sakit, Ini Yang Dilakukan Perum Perhutani KPH Purwodadi Grobogan

Terkini | muria.inews.id | Rabu, 25 September 2024 - 15:30
share

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Tak ingin karyawan dan karyawatinya sakit, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwodadi, Grobogan menggelar cek kesehatan, Rabu (25/9/2024).

Cek kesehatan digelar di Aula KPH Purwodadi bekerja sama dengan Dinkes Grobogan didukung Puskesmas Purwodadi I. Menurut Adm KPH Purwodadi Untoro Tri Kurniawan, total ada 176 karyawan Perhutani.

Satu persatu karyawan KPH Purwodadi diminta mengukur berat dan tinggi badan. Kemudian dilakukan tensi dan pemeriksaan gula darah guna mengetahui kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu para karyawan KPH Purwodadi mengisi sejumlah pertanyaan di lembaran kertas dari petugas kesehatan guna mengetahui riwayat penyakit yang dideritanya.


Administratur KPH Purwodadi Untoro Tri Kurniawan ikut menjalani cek kesehatan, Rabu (25/9/2024). (Arif Fajar)

 

Administratur KPH Purwodadi Untoro Tri Kurniawan mengatakan, kegiatan monitoring dan cek kesehatan sudah tiga kali ini dilakukan guna mengetahui kondisi kesehatan karyawan.

"Karena dari 176 karyawan di KPH Purwodadi, yang usianya di atas 50 tahun ada 90 orang, usia 40-49 tahun ada 57 orang dan lainnya berusia di bawah 40 tahun," jelas Adm KPH Purwodadi Untoro.

Dengan adanya cek kesehatan tersebut, apabila ada karyawan yang mengalami gangguan kesehatan baik gula darah, tensi, kolesterol dan asam urat bisa mendapat penanganan lebih lanjut secara tepat dan akurat.

Mengingat data dari hasil cek kesehatan tahun lalu (2023) lanjut Untoro, ada 6 karyawan yang gula darahnya di atas normal, kemudian kolesterol di atas normal 5 orang dan asam urat 4 orang.

"Diharapkan hasilnya baik dan semua karyawan bisa tetap menjaga kesehatan dan bahagia," ujar Adm KPH Purwodadi. 

Sementara Sub Koordinator Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (PTM dan Keswa) Dinkes Grobogan Subandi mengatakan, pihaknya menurunkan 7 tenaga kesehatan dari Dinkes dan Puskesmas Purwodadi 1.

Adapun cek kesehatan dengan fokus penyakit tidak menular (PTM) menurut Subandi, pemeriksaan meliputi cek tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat.

"Kegiatan ini yang ketiga kalinya, pertama Perum Perhutani KPH Purwodadi bekerja sama dengan Balkes Pati, kemudian kedua dan ketiga bekerja sama dengan Dinkes Grobogan," tambah Subandi. (*)

Topik Menarik