Unwaha Jombang Bakal Punya Kampus II di Atas Tanah Wakaf Basaroddin

Unwaha Jombang Bakal Punya Kampus II di Atas Tanah Wakaf Basaroddin

Terkini | mojokerto.inews.id | Senin, 7 Oktober 2024 - 12:20
share

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Yayasan Pendidikan Tinggi Bahrul Ulum (YPTBU) melakukan peletakan batu pertama pembangunan kampus II Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) Jombang di Desa Tinggar, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Minggu siang, (6/10/2024).

Acara tersebut dihadiri berbagai pajabat, antara lain ketua YPTBU Nyai Hj Khizbiyah Rohim, Majelis Pengasuh Bahrul Ulum KH. Moh. Hasib Wahab, Rektor Unwaha Prof Gatot Ciptadi, perwakilan Dikti Jawa Timur serta jumlah civitas akademika, ulama dan tokoh masyarakat setempat.

Pantauan iNews, selain peletakan batu pertama, acara itu juga dilakukan serah terima tanah wakaf H Basaroddin kepada Unwaha Jombang. Pada tahap pertama ini, tanah wakaf yang akan dibangun untuk kampus II Unwaha seluas 2 hektar lebih.

Ketua YPTBU Nyai Hj Khizbiyah Rohim mengatakan peletakan batu pertama di atas tanah wakaf Basaroddin untuk pembangunan kampus II itu untuk pengembangan kampus UNWAHA Jombang yang berpusat di Tambakberas.

"Kami mengucapkan terima kasih atas pemberian tanah wakaf H Basaroddin untuk pengembangan kampus Unwaha Jombang. Semoga tanah wakaf ini menjadi amal jariah beliau untuk membesarkan nama KH Abdul Wahab Chasbullah, menyiapkan generasi muda menyongsong Indonesia Emas 2045,” katanya.

 

Menurut Khizbiyah, Anak-anak ke depan diharapkan mampu meneruskan perjuangan almarhum Kiai Wahab Chasbullah yang merupakan salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus pahlawan nasional.

"Saya selalu menekankan kepada para mahasiswa UNWAHA imtak-nya harus kuat, kekuatan Islam ahlusunah wal jamaah An-Nahdliyah," ujar Khizbiyah dalam sambutanya.

Sementara itu, Rektor Unwaha Jombang Prof Gatot Ciptadi mengungkapkan bahwa kampus yang beroperasional 30 Agustus 2013 itu, saat ini memiliki 3500 mahasiswa dengan jumlah 5 fakultas dan 14 prodi (program studi).

"Alhamdulillah mulai semester lalu, mempunyai program pasca sarjana. Kami setiap tahunnya menerima mahasiswa baru sekitar 750 orang mahasiswa," katanya.

Prof Gatot pun meminta restu, agar langkah Unwaha ke depan terus lebih baik. Adapun pengembangan kampus II tersebut bagian dari upaya meningkatkan pelayanan. "Tidak hanya memikirkan kuantitas mahasiswa, tetapi juga meningkatkan kualitas mahasiswa kita sebagaimana meningkatkan pelayanan," ujarnya.

Kepala Bagian Umum LLDIKTI VII Jawa Timur, Ivan Rovian mengapresiasi perkembangan Unwaha Jombang. Menurut Ivan, Unwaha mulai lahir itu langsung jalan, dan tidak lama berlari. Nah, terbaru ini, Unwaha akan membuat fakultas kedokteran. "Unwaha ini sangat luar biasa," kata Ivan.

 

Prinsipnya, kata Ivan, dalam dunia pendidikan khususnya pelaksanaan tri darma tentu saja tidak bisa sendiri, baik itu dari jajaran rektorat, yayasan harus ada peran serta masyarakat. "Sekali lagi ini luar biasa pihak yayasan dan rektorat sampai dapat tanah wakaf seperti ini," imbuhnya.

Ivan menambahkan bahwa LLDIKTI VII Jawa Timur perwakilan dari kementerian pendidikan dan kebudayaan akan selalu support positif terhadap segala progres positif kampus dimanapun, termasuk Unwaha Jombang.

Topik Menarik