Walikota Blitar Resmikan Perpustakaan Bung Karno

Walikota Blitar Resmikan Perpustakaan Bung Karno

Terkini | mnctrijaya | Rabu, 3 Juli 2024 - 18:03
share

Blitar - UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno genap memasuki usia dua dekade pada Rabu, 3 Juli 2024. Jika bulan Juni adalah Bulan Bung Karno, maka bulan Juli adalah bulannya UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Perpustakaan yang diresmikan pada 3 Juli 2004 oleh Presiden Megawati tersebut menggelar kegiatan Perpustakaan Bung Karno Expo 2024 dengan tema “Sukaria Bersama” pada Rabu hingga Minggu 3-7 Juli 2024. Tema tersebut diambil dari lagu ciptaan Bung Karno dalam album Mari Bersuka Ria dengan Irama Lenso. Sukaria Bersama adalah semangat perayaan dua dekade hadirnya Perpustakaan Bung Karno di tengah masyarakat.

Wali Kota Blitar Santoso dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan Perpustakaan Bung Karno Expo 2024 menerangkan bahwa bulan Juni bagi masyarakat kota Blitar merupakan bulan yang istimewa karena menganggap sebagai bulan Bung Karno. Ada tiga momentum yang tidak bisa dilupakan sebagai tonggak bersejarah yang selalu dikenang oleh masyarakat kota Blitar.

Pertama, pada tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, Kedua, setiap tanggal 6 Juni diperingati sebagai hari kelahiran Soekarno. Ketiga, setiap tanggal 20 Juni merupakan Haul Bung Karno yaitu tradisi di kota Blitar dengan mengundang tokoh-tokoh agama untuk berdoa bersama yang ditujukan kepada almarhum Soekarno atas perjuangannya memakmurkan seluruh masyarakat Indonesia.

“Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa telah berkenan hadir dalam kesempatan ini, mudah-mudahan acara yang digagas ini menjadi awal dari pelaksanaan kita dalam menginspirasi seluruh gagasan-gagasan dan ide-ide pembelajaran yang telah dicontohkan oleh pendiri bangsa kita,” ujar Santoso.

Nurny menjelaskan expo yang diselenggarakan selama lima hari tersebut disemarakkan oleh berbagai kegiatan yang dapat dinikmati masyarakat.

“Kami merancang berbagai jenis kegiatan yang mengajak beragam elemen masyarakat untuk Sukaria Bersama. Mulai dari bedah buku, peragaan busana, pentas seni budaya, lomba mewarnai, seminar pengembangan diri, pelatihan wastra nusantara, pameran umkm, hingga senam massal,” terang Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Nurny Syam dalam laporannya.

Hari pertama dimulai dengan kegiatan Bedah Buku (Pidato) Bung Karno TAVIP (Tahun Vivere Pericoloso) pada pukul 08.00-12.00 WIB dengan mengundang dua narasumber yakni: Abie Besman (News Executive Producer Kompas TV) & Rojil Nugroho Bayu Aji (Dosen Sejarah Universitas Negeri Surabaya).

Selanjutnya acara Pembukaan Perpustakaan Bung Karno Expo 2024 mulai pukul 14.00-16.00 WIB turut mengundang Wali Kota Blitar, pejabat tinggi Perpustakaan Nasional RI, perwakilan negara asing, pimpinan OPD Blitar Raya dan Jawa Timur, serta pegiat literasi. Dalam pembukaan ini juga menampilkan SMASA Choir (SMAN 1 Blitar) dan Tari Tunggal oleh Caca Mranggi.

Setelah pembukaan, dilaksanakan Peragaan Busana Wastra Nusantara oleh tujuh desainer dari berbagai kota di Jawa Timur (Banyuwangi, Madiun, Malang, Jember, Situbondo).

Hari pertama ditutup dengan Bincang Buku dan Menyanyi bersama Arda Naff. Acara yang dimoderatori oleh Dita Faisal (Praktisi Media TV dan Kreator Konten) ini bakal membahas proses kreatif Arda dalam menulis buku Pelabuhan Terakhir yang menceritakan perjalanan hidupnya bersama Tantri Kotak, sang istri.

Hari Kedua, Kamis 4 Juli 2024 dibuka dengan Sarasehan Batik bertema Fraktal: “Batik Klasik Hidden Gem Milik Blitar?” pada pukul 14.00-17.00 WIB yang mengundang narasumber Yuliati Umrah (pegiat wastra, kolektor batik, Direktur ALIT Indonesia), Eni Setiawati (Perajin Batik), dan Rian Yogo (Akademisi & Kolektor Batik Muda). Acara ini dirancang atas kerja sama Perpustakaan Bung Karno dengan ALIT Indonesia.

Tak ketinggalan, Bhirama Keroncong (Blitar) akan memeriahkan acara hari kedua. Malam harinya dimulai pukul 18.00-21.00 WIB terdapat penampilan dari UKM Musik UNISBA.

Hari Ketiga, Jumat 5 Juli 2024 diawali dengan Seminar Ekonomi Kreatif dan Pariwisata bersama Laras Laksi selaku Direktur Women in Tourism Indonesia dan Agung Hartadi selaku pemilik kanal Youtube Pecah Telur. Dimulai dari pukul 15.00-17.00 WIB, seminar ini mengangkat tema “Blitar Menyala Ekraf dan Pariwisatanya.”

Kemudian mulai pukul 18.00 WIB-selesai terdapat Bincang Kehidupan bersama Ning Imaz (Khodimah Pondok Pesantren Lirboyo Kediri) dengan tema “Anti Galau Sepanjang Hidup”.

Hari Keempat, Sabtu 6 Juli 2024. Mulai pagi pukul 08.00 WIB dilaksanakan Lomba Mewarnai dan Menggambar Bung Karno Tingkat sekolah dasar. Acara ini menyasar para pelajar di Blitar Raya untuk mengenal sosok Bung Karno melalui kegiatan yang menyenangkan.

Sore hari, mulai pukul 15.00-17.30 WIB ada dua acara yang berlangsung bersamaan. Di panggung utama akan menampilkan sajian music dari Rhythm Music School. Sementara itu di Ruang Audio Visual dilaksanakan workshop berkain oleh Patria Wastra, ALIT Indonesia dan Putra-Putri Batik Blitar.

Jika pagi hari menyasar pelajar tingkat sekolah dasar, malam harinya menyasar pelajar tingkat SMA. Bakal ada Festival Band Pelajar se-Blitar Raya yang diikuti enam band dari berbagai sekolah, kemudian ditutup dengan penampilan Sringatun Jenang Sumsum.

Minggu 7 Juli 2024, merupakan hari penutup. Senam Sukaria akan mengajak masyarakat Blitar untuk berolahraga dengan ratusan hadiah. Senam ini dipandu oleh Yania, instruktur yang diimpor dari Malang.

“Kami mengajak Anda Sukaria Bersama. Merayakan literasi, merayakan seni budaya nusantara,” pinta Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno pada pembukaan acara Expo.

Nurny menekankan bahwa seluruh agenda Perpustakaan Bung Karno Expo tanpa dipungut biaya, alias gratis. Masyarakat tinggal mengisi pendaftaran secara daring melalui bit.ly/perpusexpo 2024 atau daftar langsung di lokasi acara. Bahkan selama penyelenggaraan acara kami mengundang belasan UMKM fesyen dan kuliner untuk membuka lapak. Serta adapula Pameran Batik Klasik oleh ALIT Indonesia bersama Patria Wastra yang dihadirkan di area Galeri Perpustakaan Bung Karno.

Topik Menarik