Hinca Pandjaitan Tepis Tuduhan Pengerahan Kepling untuk Bobby-Surya di Pilkada 2024

Hinca Pandjaitan Tepis Tuduhan Pengerahan Kepling untuk Bobby-Surya di Pilkada 2024

Terkini | medan.inews.id | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 07:20
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Ketua Tim Pemenangan Bobby Nasution dan Surya, Hinca Pandjaitan, memberikan tanggapan terhadap tuduhan mengenai pengerahan kepala lingkungan (kepling) dan aparatur sipil negara (ASN) untuk mendukung pasangan calon tertentu dalam Pilkada Sumatera Utara.

“Saya ingin menyampaikan agar ini disampaikan langsung kepada wasit (Badan Pengawas Pemilu/Bawaslu) kalau ada hal-hal yang dianggap merugikan salah satu pasangan calon,” ujar Hinca, Jumat (25/10/2024).

Tuduhan tersebut diungkapkan oleh mantan Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, beberapa waktu lalu. Akhyar mengklaim menerima informasi dari kepling yang diminta untuk mendukung salah satu pasangan calon di Pilkada Sumut.

“Kalau beliau (Akhyar) merasa ada silakan dilaporkan ke wasit. Kami meyakinkan kepada Pak Akhyar bahwa tim Bobby-Surya berjalan dengan aturan dan tegak lurus pada sistem yang sudah ada,” ungkap Hinca.

Hinca menegaskan bahwa timnya tidak pernah mengerahkan kepling maupun ASN untuk mendukung calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Bobby-Surya, dalam Pilkada Sumut 2024.

“Kalau tudingan tanpa data dan bukti susah kami menanggapinya. Tapi kami mengatakan kalau ada seperti itu langsung saja kepada wasit (Bawaslu). Kami sekali lagi memastikan tidak ada,” terang Hinca.

 

Selain itu, Hinca juga menyatakan bahwa hingga saat ini, tim pemenangan Bobby-Surya belum pernah dimintai keterangan oleh Bawaslu Sumut terkait tuduhan tersebut.

“Tidak ada (Bawaslu) meminta keterangan kami. Semua kami berjalan dengan baik. Jangankan kartu kuning peringatan pun tidak ada. Saya kira babak pertama (kampanye) sudah berakhir 30 hari pertama. Ini babak kedua (kampanye) mudah-mudahan semua kita berada di koridor yang sama,” tandas Hinca.

Sebelumnya, Mantan Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, mengungkapkan soal pengerahan kepala lingkungan (kepling), lurah, hingga camat di lingkungan Pemko Medan untuk memenangkan salah satu pasangan calon di Pilkada 2024 mendatang.

"Kepling-kepling di Medan ini sekarang mendapat tugas baru. Tugas baru itu, antara lain, wajib memenangkan calon tertentu di setiap TPS," ujar Akhyar Nasution, Rabu (23/10/2024).

Topik Menarik