Deklarasi Kampanye Damai, Pasangan Edy-Hasan Harap Pilgub Sumut 2024 Berjalan Adil dan Tertib

Deklarasi Kampanye Damai, Pasangan Edy-Hasan Harap Pilgub Sumut 2024 Berjalan Adil dan Tertib

Terkini | medan.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 18:40
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Pasca ditetapkan menjadi paslon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub dan Cawagub) dalam Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi dan Hasan Basri Sagala ikut menandatangani Deklarasi Kampanye Damai di Lapangan Benteng, Kota Medan, pada Selasa (24/9/2024).

Paslon nomor 2 itu menjadi pasangan pertama yang tiba dalam acara KPU Sumut tersebut. Dengan stelan hitam-hitam, keduanya tampak kompak hadir dengan mengendarai mobil yang sama, pada pukul 09.55 WIB.

Dalam kegiatan itu, Edy Rahmayadi yang didampingi Hasan Basri Sagala menyampaikan komitmen bahwa penyelenggaraan pesta demokrasi kali ini mesti berjalan dengan tertib dan damai.

"Deklarasi yang ditandatangani tadi, kita berkomitmen untuk Pilgub yang aman, damai, jujur, adil, dan bermartabat. Sehingga rakyat bebas memilih. Nantinya masyarakat lah yang akan memilih siapa pemimpin mereka di Sumut ke depannya nanti," kata Edy Rahmayadi.

Senada dengan Edy, Pj. Gubernur Sumut Agus Fatoni juga menyampaikan bahwa, Pilkada serentak 2024 merupakan pelaksanaan pesta demokrasi terbesar sepanjang sejarah Tanah Air. Oleh karenanya, ia meminta untuk menjaga ketertiban dan kedamaian pelaksanaannya.

Bilangnya, Sumut termasuk satu di antara banyak daerah yang ikut melaksanakan Pilkada. Oleh karenanya, ia meminta pelaksanaan pesta demokrasi di Sumut menjadi contoh bagi daerah lain.

"Kita tunjukkan kepada masyarakat luas bahwa Sumut mampu melaksanakan Pilkada yang aman, damai, dan sukses. Ini merupakan tanggungjawab kita bersama," ucapnya.

Ketua KPU Sumut, Agus Arifin mengungkap, pasca pelaksanaan penetapan Paslon dan nomor urut, pihaknya sudah melakukan pleno untuk menetapkan jumlah daftar pemilihan tetap (DPT) Sumut sebanyak 10.771.496 dari 33 kabupaten/kota.

Jumlah itu dengan rincian DPT laki-laki berjumlah 5.302.681, sedangkan DPT perempuan berjumlah 5.468.815 orang. Sementara itu untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdapat 25.223.

"Ada hampir 10,7 juta pemilih yang sudah kita tetapkan, yang nantinya pada 27 November 2024 akan menentukan pilihannya. Sesuai dengan tagline kita, rakyat memilih, rakyat menentukan," ujar Agus Arifin.

Lebih jauh, kegiatan Deklarasi Kampanye Damai ini menjadi langkah awal dalam tahapan kampanye yang akan berlangsung, sejak 25 September hingga 23 November 2024 mendatang. Sementara pencoblosan dilaksanakan, pada 27 November.

Topik Menarik